Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Respons Kubu Anies, Prabowo, dan Ganjar Usai MK Tolak Gugatan Pilpres 2024

Kompas.com - 23/04/2024, 06:30 WIB
Laksmi Pradipta Amaranggana,
Mahardini Nur Afifah

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Mahkamah Konstitusi (MK) resmi menolak permohonan sengketa Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 yang diajukan calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) nomor urut 1 dan 3, Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud pada Senin (22/4/2024).

Dalam putusan tersebut, MK menilai bahwa permohonan pasangan capres-cawapres Anies-Muhaimin tidak beralasan hukum secara keseluruhan.

Dikutip dari Kompas.com, Senin (22/4/2024), keputusan tersebut dibacakan oleh Ketua MK Suhartoyo di Gedung MK, Jakarta.

Selain itu, MK juga menolak seluruh permohonan Ganjar-Mahfud karena tidak beralasan hukum seluruhnya. 

Baca juga: Deretan Gugatan Hasil Pilpres ke MK dari Pemilu 2004 sampai 2019


Respons kubu Anies-Muhaimin

Pengacara kubu Anies-Muhaimin, Wakil Kamal tidak dapat menahan ekspresi kekecewaannya usai MK menolak seluruh dalil permohonan sengketa yang diajukan.

“Astaghfirullah," seru Wakil Kamal setelah MK mengetuk palu, dikutip dari Kompas.com, Senin (22/4/2024).

Sementara itu, Anies Baswedan mengatakan bahwa dirinya akan meyambangi semua partai politik (parpol) yang mengusungnya dalam Pilpres 2024.

Anies menyampaikan keinginannya tersebut setelah menemui Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh di Nasdem Tower, Gondangdia, Menteng, Jakarta.

“Mampir ke Surya Paloh Ketum Partai Nasdem. Habis ini, saya ke PKB (Partai Kebangkitan Bangsa) dan besok rencananya ke PKS (Partai Keadilan Sejahtera),” ucap Anies, dilansir dari Kompas.com, Senin (22/4/2024).

Anies menjelaskan bahwa agenda tersebut dilakukan untuk menyampaikan bahwa tugasnya telah selesai.

Selain itu, Anies dan Muhaimin juga mengucapkan selamat kepada capres-cawapres terpilih, Prabowo-Gibran dalam video tapping usai pembacaan putusan sengketa.

Selain mengucapkan selamat, ia juga berkomitmen untuk menjaga perdamaian selama masa transisi Presiden dan Wakil Presiden.

"Dengan segala catatan problematiknya proses pilpres 2024 kali ini, kami berkomitmen untuk menjaga prinsip peacefull transition of power. Dan kami memilih menjadi bagian yang terus menjaga, terus membangun, mutu demokrasi di Indonesia,” ujar Anies, dilansir dari Kompas.com, Senin (22/4/2024).

Baca juga: Deretan Gugatan Hasil Pemilu 2024 yang Diajukan ke MK

Respons kubu Prabowo

Sementara itu, capres nomor urut 2, Prabowo Subianto hanya melambaikan pose dua jari saat ditemui di kediamannya di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan pada Senin (22/4/2024).

Juru Bicara Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan bahwa Prabowo perlu beristirahat setelah bekerja seharian di Kementerian Pertahanan (Kemenhan).

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com