Ramai soal Vaksinasi Dosis Ketiga, Siapa yang Berhak Menerimanya?

Kompas.com - 30/07/2021, 19:00 WIB
Ilustrasi vaksin Covid-19 Dok. ShutterstockIlustrasi vaksin Covid-19

KOMPAS.com - Media sosial tengah diramaikan soal dugaan adanya influencer yang mendapatkan vaksinasi dosis ketiga.

Beragam komentar dari warganet pun bermunculan lantaran masyarakat masih kesulitan mendapatkan dosis pertama vaksin Covid-19.

"Masyarakat masih banyak yg baru mau vaksin ke 1 dan ke 2, itu jg nunggunya lama dan susah. Booster seharusnya buat yg bener2 membutuhkan dulu. Hadeuh indo..indo...dikit2 pake orang dalem terus ya bisa srobot2," tulis akun Twitter @ccchungusssu.

"Di kota ku aja vaksin dosis ke2 pada diundur karna habis, dosis per 1 juga dah pada habis, padahal masi banyak yang belom vaksin pertama," tulis akun Twitter @cacaochuux1.

Lantas, untuk siapakah vaksinasi dosis ketiga ini?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Muncul Memar di Lengan Setelah Vaksinasi, Apa Penyebabnya?

Penjelasan Kemenkes

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dr Siti Nadia Tarmizi menegaskan, dosis ketiga vaksin Covid-19 memang ditujukan untuk tenaga kesehatan (nakes) di Indonesia.

"Vaksin dosis ketiga untuk nakes saja, untuk menambah proteksi pada nakes jadi diberikan suntikan ketiga," ujar Nadia saat dihubungi Kompas.com, Jumat (30/7/2021).

Menurut Nadia, sampai saat ini belum ada kajian tentang vaksinasi dosis ketiga untuk diberikan kepada masyarakat umum.

"Sampai saat ini tidak ya, karena kajian tentang vaksinasi dosis ketiga ke masyarakat umum belum ada dan WHO tidak merekomendasikan," lanjut dia.

Selain itu, Nadia mengatakan bahwa untuk keluar dari situasi pandemi, hal terpenting yang segera dilakukan yakni dengan memperbanyak warga yang mendapatkan vaksin dosis pertama dan dosis kedua secara lengkap.

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.