Penjelasan Kemenkes soal Syarat Fotokopi KTP untuk Vaksinasi

Kompas.com - 28/07/2021, 17:00 WIB
Ilustrasi KTP elektronik. Tribunnews.comIlustrasi KTP elektronik.

KOMPAS.com - Kewajiban menyerahkan fotokopi KTP saat registrasi vaksinasi Covid-19 membuat sebagian calon penerima vaksin kesulitan. 

Beberapa di antaranya bahkan akhirnya gagal disuntik vaksin karena tidak membawa fotokopi KTP. 

Kejadian tersebut salah satunya diungkapkan oleh seorang pengguna Twitter dengan akun @amirawulanpada Kamis (22/7/2021).

Baca juga: 3 Alasan Tolak Serahkan Fotokopi E-KTP untuk Vaksinasi Menurut Pakar

"Kemaren ibu saya 63th, budhe 65th, pakde 72th dateng untuk vaksin, sudah screening, isi form, pas mau suntik disuruh pulang lagi gara2 gak bawa foto copy ktp, padahal bawa ktp asli, sudah minta tolong ngomong baik2 tetep ditolak suruh pulang karena sudah jam 5 sore," tulis @amirawulan.

"Yang bikin sedih banget, ini loh lansia udah antri dari jam 3, cuma perkara foto copy ktp aja gak bisa, padahal sudah bawa ktp asli. Jadi ya sampe sekarang belum vaksin :(" lanjut dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 Ia mengatakan, keluarganya saat itu sudah menjalani proses skrining dan dinyatakan bisa mengikuti vaksinasi Covid-19.

Akan tetapi, keluarganya batal disuntik vaksin lantaran tidak membawa fotokopi KTP, walaupun sudah menyampaikan kepada petugas bahwa saat itu mereka membawa KTP asli.

Baca juga: Kemenkes Sebut Warga Tetap Bisa Divaksin Meski Tak Bawa Fotokopi KTP

Penjelasan Kemenkes

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengatakan, pada prinsipnya, syarat utama untuk dapat mengikuti vaksinasi Covid-19 adalah membawa identitas diri berupa KTP.

"Prinsipnya harus membawa identitas kita, yaitu KTP. Kalau syarat lain bisa ditanyakan ke penyelenggaranya," kata Nadia saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (24/7/2021).

Nadia mengatakan, ketentuan untuk membawa dokumen lain, seperti fotokopi KTP, menjadi kewenangan dari lembaga atau instansi penyelenggara vaksinasi.

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.