Yogyakarta Catat Rekor Kasus Covid-19 Empat Hari Berturut-turut, Ini Saran Epidemiolog

Kompas.com - 21/06/2021, 12:05 WIB
Salah satu wilayah yang sempat lockdown ketika Klaster Sangon berkembang di Pedukuhan Kadigunung, Kalurahan Hargomulyo, Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. KOMPAS.COM/DANI JULIUSSalah satu wilayah yang sempat lockdown ketika Klaster Sangon berkembang di Pedukuhan Kadigunung, Kalurahan Hargomulyo, Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

KOMPAS.com - Selama empat hari berturut-turut, Provinsi DI Yogyakarta mencatatkan rekor kasus Covid-19.

Rekor kasus tertinggi tercatat pada Minggu (20/6/2021) dengan 665 kasus, sehingga total kasus menjadi 52.641 dengan 1.367 kematian.

Karena lonjakan itu, Gubernur DIY Sri Sultan HB X pun sempat mewacanakan untuk melakukan lockdown total.

"Kontrol di RT RW, kalau gagal, arep ngopo meneh (mau apa lagi). Kita belum tentu bisa cari jalan keluar, satu-satunya cara ya lockdown, totally. Kita pemerintah juga sulit kalau masyarakat tidak mengapresiasi diri sendiri untuk bisa disiplin," kata Sri Sultan, Jumat (18/6/2021).

Baca juga: 9 Rumah Sakit di Yogyakarta yang Layani Vaksinasi Covid-19 Gratis

Namun, sampai saat ini belum ada keputusan apakah DIY akan melakukan lockdown.

Di media sosial, salah satu warganet membagikan suasana kawasan Malioboro yang masih dipadati pengunjung.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Harus PSBB ketat

Epidemiolog dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Riris Andono mengatakan, seharusnya Jogja melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ketat.

"Mungkin atau tidak mungkin itu masalah kemauan. Orang kan selalu membenturkan ini dengan ekonomi," kata Riris saat dihubungi Kompas.com, Senin (21/6/2021).

"Kita tidak bisa memilih enak semua, karena virusnya tidak bisa kompromi," lanjut dia.

Ia menjelaskan, penularan virus corona terjadi ketika adanya interaksi. Jika kekebalan tubuh rendah, maka seseorang akan mudah terinfeksi Covid-19.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X