Kompas.com - 13/04/2021, 08:05 WIB
Ilustrasi puasa SewCreamIlustrasi puasa

KOMPAS.com - Kurma, nastar, kolak, es buah, dan camilan manis khas Ramadhan lainnya jadi makanan favorit selama ibadah puasa.

Akan tetapi, makanan-makanan itu bisa jadi "godaan" yang mengkhawatirkan bagi penderita diabetes.

Hal ini harus jadi perhatian. Oleh karena itu, Federasi Diabetes Internasional dan Aliansi Internasional Diabetes dan Ramadan (DAR) telah mengeluarkan pedoman nutrisi bagi umat Islam dengan diabetes yang menjalankan puasa Ramadhan tahun ini.

Baca juga: Link Live Streaming Sidang Isbat Penentuan Awal Puasa 2021, Dimulai Pukul 16.45 WIB

Apa saja yang isi pedoman tersebut?

1. Kalori seimbang

Ilsutrasi sup ikan. Dok. Shutterstock/Mahara Ilsutrasi sup ikan.
Melansir hindustantimes.com, perhatikan konsumsi kalori harian dalam jumlah yang cukup.

Kalori harus dibagi antara sahur dan buka puasa. Penderita diabetes juga bisa makan 1 hingga 2 camilan sehat jika perlu.

Penderita diabetes harus memenuhi gizi seimbang, dengan total karbohidrat sekitar 40-50 persen dengan glikemik indeks (GI) renadah.

Perlu juga memenuhi kebutuhan protein dengan konsumsi kacang-kacangan, ikan, unggas, atau daging tanpa lemak dengan jumlah 20-30 persen dari porsi harian.

Tubuh juga membutuhkan lemak sekitar 30-35 persen dari porsi harian. Lemak yang dimaksud adalah lemak mono dan lemak tak jenuh ganda.

Adapun untuk lemak jenuh, harus dibatasi hingga kurang dari 10 persen dari total asupan kalori harian.

Baca juga: Tips Puasa bagi Ibu Hamil agar Tetap Sehat dan Bugar

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X