Kapan Awal Puasa 2021 Ditentukan di Sidang Isbat Sore Ini, Ini Tahapannya

Kompas.com - 12/04/2021, 11:15 WIB
Petugas meneropong posisi hilal saat kegiatan rukyat hilal di IAIN Madura, Pamekasan, Jawa Timur, Selasa (21/7/2020). Rukyat hilal untuk menentukan awal Dzulhijjah 1441 H itu diikuti Santti Pesantren Bata-Bata, Badan Hisab Rukyat (BHR) dan Civitas Akademik Universitas Islam Madura (UIM). ANTARA FOTO/SAIFUL BAHRIPetugas meneropong posisi hilal saat kegiatan rukyat hilal di IAIN Madura, Pamekasan, Jawa Timur, Selasa (21/7/2020). Rukyat hilal untuk menentukan awal Dzulhijjah 1441 H itu diikuti Santti Pesantren Bata-Bata, Badan Hisab Rukyat (BHR) dan Civitas Akademik Universitas Islam Madura (UIM).

KOMPAS.com - Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) akan melakukan sidang isbat penentuan awal puasa 2021 atau 1 Ramadhan 1442 Hijriah, Senin (12/4/2021) sore.

Sidang akan berlangsung di Auditorium H.M. Rasjidi, Kementerian Agama RI, Jalan MH. Thamrin Nomor 6 Jakarta.

Melansir laman resmi Kemenag, sidang isbat digelar secara daring dan luring, dan akan disiarkan oleh TVRI sebagai TV Pool, RRI, dan media sosial Kementerian Agama.

Sidang Isbat akan dihadiri Komisi VIII DPR, Mahkamah Agung, MUI, BMKG, dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Begitu juga Badan Informasi Geospasial (BIG) dan Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium.

Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama, Organisasi Islam Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, Persis, dan Al Washliyah, turut hadir dalam penentuan awal puasa 2021.

Berikut ini tahapan sidang isbat penentuan awal puasa 2021 yang akan digelar Kemenag:

Baca juga: Kapan Awal Puasa 2021 dan Cara Menentukan Ramadhan: NU, Muhammadiyah, dan Kemenag

Tahapan sidang Isbat

Sidang isbat penentuan awal puasa 2021 atau Ramadhan 1442 Hijriah terdiri dari tiga tahapan, yakni:

  1. Tahap pertama
    Pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1442 H oleh anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag.
    Sesi ini akan dimulai pukul 16.45 WIB dan disiarkan secara langsung.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X