Langkah Mengamankan Hewan Peliharaan Jika Terjadi Bencana Alam

Kompas.com - 12/04/2021, 18:30 WIB
Ilustrasi hewan peliharaan Unsplash/Tatiana RodriguezIlustrasi hewan peliharaan

KOMPAS.com - Berbagai bencana datang silih berganti. Selepas banjir bandang dan badai yang menerjang NTT, kemudian disusul gempa bumi yang melanda wilayah timur Pulau Jawa beberapa hari yang lalu. 

Seperti diberitakan Kompas.com (11/04/2021), gempa Malang dengan magnitudo 6,7 yang terjadi Sabtu (10/04/2021) bisa jadi meninggalkan efek traumatis pada anak-anak.

Karenanya, penting bagi kita untuk memberikan pemahaman mengenai bencana alam semenjak dini.

Jika berbicara soal bencana alam, efek traumatis dan kerugian memang bisa menyentuh siapa saja. Baik anggota keluarga atau hewan peliharaan kesayangan.

Bagi hewan, tak hanya efek traumatis saja yang bisa terjadi. Namun juga risiko kehilangan mereka, lantaran bencana alam yang terjadi mengharuskan semua orang menyelamatkan diri ke titik-titik evakuasi.

Arind Askeland, pengamat kesehatan hewan dari Camp Bow Wow mengatakan bahwa bencana alam mengancam keselamatan manusia juga binatang. Dan berisiko membuat keduanya ketakutan juga trauma.

Dilansir dari Huffpost, hewan bisa menjadi sangat gelisah, dan berusaha untuk lari atau sembunyi karena stres.

Ketika hewan melarikan diri dan Anda tak punya persiapan sebelumnya dalam menghadapi kondisi menakutkan seperti itu, maka Anda memiliki kemungkinan besar kehilangan anak-anak kaki empat kesayangan.

Baca juga: Pentingnya Menemani Anjing dan Kucing yang Tengah Berduka karena Kematian

Lantas apa yang bisa dilakukan?

Menurut Askeland, setidaknya ada beberapa langkah persiapan yang bisa dilakukan pemilik hewan peliharaan untuk bersiap menghadapi kemungkinan terburuk datangnya bencana.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X