Kompas.com - 27/03/2021, 11:10 WIB
Ilustrasi diet tak seimbang Unsplash/Thought CatalogIlustrasi diet tak seimbang

KOMPAS.com - Siapa yang tak ingin punya tubuh ideal. Keinginan untuk memperoleh tubuh impian ini membuat banyak orang tersesat ke dalam berbagai jenis diet yang kurang sehat.

Imbasnya, tubuh bukannya mencapai berat badan ideal, namun malah berujung ke berbagai gangguan kesehatan.

Diet yang baik adalah yang tak membuat tubuh menderita karena kekurangan beberapa zat penting yang dibutuhkan dalam proses metabolisme. Salah satunya adalah protein.

Protein adalah unsur terpenting dalam asupan makanan yang harus diserap tubuh setiap hari. Protein sendiri berasal dari kata proteos yang dalam bahasa Yunani berarti penting atau menempati urutan pertama.

Baca juga: Demi Sehat, Pahami Pentingnya Bergerak dan Asupan Protein

Nah diet yang salah, bisa menempatkan tubuh dalam kondisi kekurangan protein.

Apa gejalanya? Berikut adalah beberapa tanda yang bisa Anda cermati, seperti yang dilansir dari WebMD.

1. Punya masalah pada kulit dan kuku

Komponen utama dalam kulit dan kuku adalah kolagen, elastin dan keratin. Komponen ini, terbentuk seluruhnya dari protein.

Maka ketika tubuh kekurangan protein, otomatis kesehatan kulit dan kuku akan terpengaruh. Kulit kering dan kusam serta kuku rapuh adalah salah satu tanda tubuh kekurangan protein.

2. Perubahan mood

Otak butuh zat kimia bernama neurotransmitters untuk menyambungkan informasi antara sel-sel dalam tubuh kita.

Komponen utama dari zat kimia ini adalah asam amino yang juga terbuat dari protein.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X