Tentara Myanmar Diduga Lontarkan Ancaman kepada Pengunjuk Rasa Melalui Media Sosial

Kompas.com - 05/03/2021, 09:32 WIB
Para pengunjuk rasa memegang perisai buatan sendiri saat mereka berlari selama demonstrasi menentang kudeta militer di Yangon pada Tabu (3/3/2021). AFP PHOTO/STRPara pengunjuk rasa memegang perisai buatan sendiri saat mereka berlari selama demonstrasi menentang kudeta militer di Yangon pada Tabu (3/3/2021).

KOMPAS.com - Tentara dan polisi Myanmar yang bersenjata diduga menggunakan media sosial TikTok untuk menyampaikan ancaman pembunuhan kepada para pengunjuk rasa.

Kelompok hak digital Myanmar ICT for Development (MIDO) menyebutkan, mereka telah menemukan lebih dari 800 video pro-militer yang mengancam para demonstran pada saat situasi demo memanas.

Berdasarkan catatan PBB, 38 orang dilaporkan tewas selama demo pada Rabu (3/3/2021). Sementara itu, lebih dari 1.700 orang telah ditangkap, termasuk 29 wartawan.

"Itu hanya puncak gunung es," kata direktur eksekutif MIDO Htaike Htaike Aung, yang mengatakan ada "ratusan" video ancaman dari tentara dan polisi berseragam, dikutip dari Reuters, Kamis (4/3/2021).

Seorang juru bicara tentara dan junta tidak menanggapi saat diminta komentarnya.

Satu video yang diunggah akhir Februari menunjukkan seorang pria berseragam tentara mengarahkan senapan dan melontarkan ancamannya kepada pengunjuk rasa.

"Aku akan menembak di wajah kalian dan aku menggunakan peluruh sungguhan," kata dia.

"Aku akan berpatroli di seluruh kota malam ini dan aku akan menembak siapa pun yang aku lihat. Jika kalian ingin menjadi martir, aku akan memenuhi keinginan kalian," sambung pria tersebut.

Baca juga: Pengadilan Myanmar Mengajukan Dakwaan Lain untuk Aung San Suu Kyi

Namun, Reuters tidak dapat menghubunginya atau pria berseragam lainnya yang muncul di video TikTok atau untuk memverifikasi bahwa mereka berada di angkatan bersenjata.

TikTok merupakan platform media sosial terbaru yang mengalami perkembangan konten ancaman atau ujaran kebencian di Myanmar.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X