BMKG: Sebagian Besar Pulau Jawa Diguyur Hujan Deras 3 Hari ke Depan

Kompas.com - 24/02/2021, 18:10 WIB
Ilustrasi hujan lebat disertai angin kencang akibat cuaca ekstrem. SHUTTERSTOCK/CHOKCHAI POOMICHAIYAIlustrasi hujan lebat disertai angin kencang akibat cuaca ekstrem.

KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca di Indonesia untuk 3 hari ke depan, terhitung sejak hari ini, Rabu (24/2/2021) hingga Jumat (26/2/2021).

Berdasarkan data yang disampaikan Kedeputian bidang Meteorologi BMKG di akun Twitter @infoBMKG, hampir seluruh wilayah di Pulau Jawa berpotensi terjadi hujan lebat disertai petir dan angin kencang di periode itu.

Pada Rabu (24/2/2021) dan Kamis (25/2/2021) misalnya, enam provinsi atau seluruh provinsi yang ada di Jawa berpotensi mengalami cuaca seperti itu.

Baca juga: Prakiraan Cuaca BMKG: Jabodetabek Hujan Hari Ini

Baru kemudian di hari Jumat (26/2/2021) hanya 5 provinsi yang masih berpotensi terjadi hujan lebat, petir dan angin kencang, yakni Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, dan Jawa Timur.

Sementara DKI Jakarta di hari yang sama diprediksi hanya akan turun hujan dengan intensitas yang tidak lebat, namun tetap disertai petir dan angin kencang.

Dalam konferensi pers via Zoom yang diselenggarakan BMKG pada Rabu (24/2/2021) sore, Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati menyebut kondisi cuaca ini dipengaruhi adanya potensi bibit siklon tropis yang sudah terdeteksi ada di selatan Nusa Tenggara sejak kemarin.

"Berdasarkan hasil analisis kondisi dinamika atmosfer hari ini, tepatnya pukul 13.00 WIB potensi bibit siklon tersebut telah berkembang menjadi benar-benar bibit siklon tropis dengan inisial 98S," kata Dwikorita.

Posisi bibit siklon tropis ini sekarang ada di 625 km lepas pantai Jawa Timur, namun dikhawatirkan dalam 24 jam ia akan menjadi siklon tropis.

Baca juga: Analisis BMKG soal Banjir Jakarta, dari Penyebab hingga Fenomena La Nina

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X