[HOAKS] Twit AA Gym Kritik Anies Baswedan soal Banjir Jakarta 2021

Kompas.com - 24/02/2021, 15:00 WIB
Ilustrasi hoaks, hoax ShutterstockIlustrasi hoaks, hoax
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Sebuah unggahan di media sosial Facebook menampilkan gambar yang menggabungkan sebuah twit dari pendakwah AA Gym dengan foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Twit AA Gym berisi pandangannya terhadap banjir Jakarta dan menyinggung soal pemimpin Jakarta. Unggahan tersebut juga mengatakan kritikan ditujukan kepada Anies.

Namun dari penelusuran, twit itu berasal dari Februari 2017. Saat itu Anies Baswedan belum dilantik menjadi Gubernur DKI Jakarta.

Narasi yang beredar

Akun Facebook Kosim Ra mengunggah sebuah foto kolase di grup Anies Baswedan For Presiden RI pada 9 Februari 2021 pukul 06.14.

Foto yang dikolase atau digabung dalam unggahan itu merupakan sebuah tangkapan layar sebuah twit dari AA Gym @aagym yang menyampaikan pendapatnya soal banjir di Jakarta dan satu potret Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang berfoto dengan sejumlah penghargaan yang diterimanya.

Bunyi twit dari AA Gym yang dimuat dalam unggahan itu adalah sebagai berikut:

"Innaalillahi, jakarta banjir lagi, semoga nanti Ada pemimpin Jakata yang rendah hati, tak ujub takabur mersa Sudah banyak berbuat".

Sementara pengunggah di Facebook menambahkan narasi sebagai berikut:

"mantap AA gym walaupun sahabat sejatinya anies baswedan kritikanmu sangat tajam setajam congor kadrun,,,,,,,".

Hingga kini, Rabu (24/2/2021), unggahan itu mendapat 23 emoji, 42 komentar, dan 3 kali dibagikan ulang.

Tangkapan layar unggahan Facebook yang mengaitkan twit AA Gym dengan Anies BaswedanFacebook Tangkapan layar unggahan Facebook yang mengaitkan twit AA Gym dengan Anies Baswedan

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X