Syarat, Cara Daftar, Jadwal, dan Keuntungan Ikut Program Kampus Mengajar Kemendikbud 2021

Kompas.com - 12/02/2021, 13:04 WIB
Kampus Mengajar Dok. KemendikbudKampus Mengajar

KOMPAS.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim pada Selasa (9/2/2021) telah meluncurkan program Kampus Mengajar Angkatan 1 sebagai bagian dari Kampus Merdeka.

"Saya mengajak teman-teman mahasiswa dari seluruh Indonesia, untuk beraksi, berkolaborasi dan berkreasi selama 12 minggu untuk meningkatkan pembelajaran di sekolah dasar, terutama yang di daerah 3T," ujar Nadiem sebagaimana diberitakan Kompas.com, Selasa (9/2/2021).

Terkait program tersebut, Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud Paristiyanti Nurwardani menjelaskan, Kampus Mengajar memiliki dua tujuan yakni:

  • Memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan
  • Memfasilitasi experiential learning dengan jalur yang fleksibel sehingga diharapkan dapat memfasilitasi mahasiswa mengembangkan potensinya sesuai dengan passion dan bakatnya

Baca juga: Masih Pandemi, Sampai Kapan Pembelajaran Jarak Jauh Dilakukan? Ini Penjelasan Kemendikbud...

Benefit

Lantas apa saja keuntungan bagi mahasiswa yang mengikuti program Kampus Mengajar?

Menurut Paristiyanti, keuntungan yang didapatkan lantaran mengikuti program Kampus Mengajar tersebut beraneka ragam.

“Meningkatkan kompetensi lulusan, baik soft skills maupun hard skills, agar lebih siap dan relevan degan kebutuhan zaman, menyiapkan lulusan sebagai pemimpin masa depan bangsa yang unggul dan berkepribadian,” ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Jumat (12/2/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Curhatan Seorang Guru di Tengah Pandemi Corona...

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X