WHO Targetkan 500 Juta Vaksin Covid-19 pada Kuartal Pertama 2021

Kompas.com - 05/12/2020, 16:28 WIB
Ilustrasi vaksin corona SHUTTERSTOCK/PalSandIlustrasi vaksin corona

KOMPAS.com - Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO) berharap memiliki setengah miliar dosis vaksin yang dapat didistribusikan COVAX pada kuartal pertama 2021.

Hal itu dikatakan Kepala Ilmuwan WHO Soumya Swaminathan, dilansir dari Reuters, Sabtu (5/12/2020).

"Harapan kami pada kuartal pertama 2021 kami akan memiliki sekitar setengah miliar dosis yang tersedia untuk didistribusikan ke seluruh negara dengan cara yang adil," kata Soumya.

Hingga saat ini, 189 negara telah bergabung dengan COVAX, program yang dipimpin oleh WHO untuk pemerataan vaksin.

Namun, Amerika Serikat tidak masuk di antara mereka setelah mendapat kesepakatan bilateral.

Rencana awal COVAX adalah melakukan vaksinasi 20 persen populasi berisiko tinggi, termasuk petugas kesehatan dan orang berusia di atas 65 tahun.

"Tujuannya adalah mendapatkan setidaknya 2 miliar dosis pada akhir 2021 yang akan cukup untuk memvaksinasi 20 persen populasi negara yang menjadi bagian dari COVAX," jelas dia.

Baca juga: IDI: Sejak Maret 2020, Total 342 Petugas Medis Wafat karena Covid-19

Menurut dia, jumlah itu akan cukup untuk mengakhiri fase akut pandemi dengan mengurangi jumlah kematian dan dampaknya pada sistem kesehatan.

"Jadi negara dapat mengharapkan dosis menjelang akhir kuartal pertama 2021," kata dia.

"Beberapa negara mungkin memulai lebih awal vaksinasi. Kita mungkin memiliki beberapa pembelajaran dengan pergi lebih awal ke beberapa negara," lanjut Soumya.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X