3 Tips Menjaga Berat Badan di Rumah Selama Pandemi Corona

Kompas.com - 05/12/2020, 14:35 WIB
Ilustrasi berolahraga dari rumah (Dok. Shutterstock/Nattakorn_Maneerat) Ilustrasi berolahraga dari rumah

KOMPAS.com - Sejumlah orang mungkin mengeluhkan kenaikan berat badan selama pandemi Covid-19. Hal itu bisa terjadi sebab aktivitas gerak tubuh yang menurun. 

Ternyata fenomena ini tidak hanya dialami oleh segelintir orang saja, melainkan terjadi secara global.

Melansir nytimes.com (04/12/2020), pandemi telah membatasi berbagai kegiatan manusia, salah satunya aktivitas fisik.

Oleh karena itu, banyak orang yang kemudian jarang melakukan olahraga, mengalami kecemasan, pola tidur terganggu, stres, hingga berujung pada makan dengan porsi yang lebih banyak. 

Baca juga: 11 Jenis Makanan yang Bisa Percepat Penurunan Berat Badan

Penurunan gaya hidup

Berdasarkan survei peneliti dari Pennington Biomedical Research Center di Louisiana, terdapat penurunan gaya hidup sehat pada 8.000 orang dewasa di seluruh dunia yang mengikuti survei penelitian. 

Menurunnya gaya hidup sehat tersebut dipengaruhi oleh kondisi pandemi yang membuat banyak orang mengalami stres dan kebosanan karena tidak dapat berinteraksi dengan orang lain, takut terhadap penyebaran virus, atau mengalami PHK.

Kondisi stres tersebut mempengaruhi pola tidur, intensitas olahraga, dan seberapa banyak makanan yang dikonsumsi. 

Dalam jurnal Prevention of Weight Gain During Self-Isolation in COVID-19 Pandemic Era: A Narrative Review, Harry Freitag Luglio Muhammad menjelaskan bahwa stres dan kebosanan dapat menjadi penentu utama terjadinya Binge Eating Disorder (BED).

BED merupakan kondisi seseorang yang makan makanan dalam jumlah besar dalam suatu waktu karena tidak mampu mengendalikan perilaku makan. 

Baca juga: Cara Sederhana Turunkan Berat Badan Dimulai Dari Sekarang

Obesitas

Penelitian lain yang dikutip oleh nytimes.com menunjukkan bahwa dari 7.750 orang, sepertiga orang mengalami kenaikan berat badan, sepertiga lagi mengalami obesitas, dan sisanya tetap memiliki berat badan normal.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X