[KLARIFIKASI] Video Diklaim Banjir di Karachi, Faktanya Tsunami di Jepang pada 2011

Kompas.com - 05/12/2020, 13:40 WIB
Ilustrasi klarifikasi KOMPAS.com/AKBAR BHAYU TAMTOMOIlustrasi klarifikasi
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
klarifikasi

klarifikasi!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, ada yang perlu diluruskan terkait informasi ini.

KOMPAS.com - Beredar video di media sosial menampilkan terjangan banjir yang diklaim terjadi di Karachi, Pakistan.

Sebuah akun Facebook juga mengunggah video yang sama pada akhir November 2020 dengan keterangan "Karachi Pakistan Today."

Dari penelusuran digital didapati video tersebut merekam peristiwa tsunami di Ishinomaki, Prefektur Miyagi, Honshu, Jepang, pada 2011.

Adapun, banjir yang terjadi di Karachi, Pakistan, terjadi pada Agustus 2020, disebabkan hujan deras akibat fenomena La Nina.

Narasi yang Beredar

Akun Mazhar Alee pada 31 Agustus 2020 mengunggah video banjir dengan klaim peristiwa terjadi di Karachi, Pakistan (arsip). Video tersebut menayangkan datangnya banjir menerjang mobil-mobil yang tengah diparkir.

Status Facebook mengunggah video dengan klaim peristiwa banjir di video terjadi di Karachi, Pakistan. Facebook Status Facebook mengunggah video dengan klaim peristiwa banjir di video terjadi di Karachi, Pakistan.

Akun Wardag Youth Wing juga mengunggah video yang sama. Sementara, akun ini pada 29 November 2020 menayangkan video serupa berdurasi 3 menit 26 detik yang memuat tulisan "Karachi Pakistan Today".

Penelusuran

Dari penelusuran digital, didapati video serupa di channel YouTube FNN311, saluran resmi dari 28 stasiun afiliasi Fuji Television berisi kumpulan video gempa bumi besar di Jepang pada 11 Maret 2011.

Sebagian tayangan pada video dengan klaim banjir di Pakistan sama dengan sebagian tayangan di channel FNN311. Di bagian keterangan tertulis tsunami menghantam distrik Minato di Kota Ishinomaki. Video diunggah pada 26 Oktober 2012.

Tayangan pada video dengan klaim banjir di Pakistan juga sama dengan video berdurasi 3 menit 47 detik yang diunggah channel YouTube John9612. Channel itu memberi keterangan bahwa video tersebut direkam dari atap kantor Ishinomaki Gas di Kota Ishinomaki, Prefektur Miyagi.

Disertakan juga tautan ke Google Map dan tautan ke video asli. Tautan video asli merujuk ke channel YouTube takuro suzuki yang mengunggah video tersebut pada 18 Desember 2011.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X