Sindrom Tourette, Gangguan pada Sistem Saraf yang Perlu Diketahui

Kompas.com - 28/11/2020, 12:13 WIB
Ilustrasi Tourette Syndrome Shutterstock/IbreakstockIlustrasi Tourette Syndrome

KOMPAS.com - Sebuah video yang membahas soal Tourette Syndrome atau Sindrom Tourette ramai diperbincangkan di media sosial. 

Dalam video berdurasi 59 detik ini, seorang perempuan menjelaskan bahwa ia menderita sindrom Tourette yang mengakibatkan ia bisa bergerak dan berbicara secara mendadak.

Menurut dia, gerakan dan suara yang dikeluarkannya tiba-tiba itu di luar kendali dirinya.

Aoa itu Tourette Syndrome atau sindrom Tourette?

Dilansir dari WebMD, sindrom Tourette adalah gangguan pada sistem saraf yang menyebabkan seseorang membuat gerakan atau suara tiba-tiba, yang disebut tics.

Tics ini tidak dapat dikendalikan oleh para pengidap sindrom tersebut.

Sindrom ini sering muncul pada masa anak-anak, dan lebih banyak diidap oleh anak laki-laki.

Namun, gejala tics akan semakin berkurang ketika pengidapnya tumbuh dewasa. Ada juga yang tidak mengalami gejala sama sekali setelah dewasa.

Baca juga: Mengenal Sindrom Putri Tidur atau Sleeping Beauty Syndrome

Gejala sindrom Tourette

Melansir MayoClinic, orang dengan sindrom Tourette melakukan gerakan atau mengeluarkan suara yang tiba-tiba, singkat, dan terputus-putus.

Hal itu digolongkan menjadi gejala atau tanda khas sindrom Tourette.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X