"Insecure" Melihat Unggahan Orang Lain di Media Sosial, Kok Bisa?

Kompas.com - 28/11/2020, 09:34 WIB
Ilustrasi bermain media sosial ThinkstockIlustrasi bermain media sosial

KOMPAS.com - Pandemi virus corona bisa jadi membuat intesitas kita berinteraksi di dunia maya semakin tinggi.

Terbatasnya interaksi fisik dengan teman atau kolega berganti ruang, misalnya melalui media sosial.

Segala hal selalu menghadirkan dua sisi, termasuk media sosial. Ada positif, ada pula negatifnya. Tergantung bagaimana kita menyikapinya.

Misalnya, ada yang merasa "insecure" alias muncul perasaan tidak aman, gelisah, ketika melihat unggahan teman saat liburan atau belanja.

Ada pula yang merasa tertekan ketika membandingkan perkembangan sang buah hati dengan orang lain yang seusia, dan sebagainya.

Baca juga: Libur Panjang, Perlukah Sejenak Melupakan Media Sosial?

Sehatkah bagi jiwa dan mental jika merasakan hal-hal seperti ini saat bermedia sosial?

Social comparison

Psikolog dari Personal Growth, Marissa Meditania, menjelaskan, hal-hal seperti disebut di atas dikenal dengan istilah  social comparison.

"Ini berarti kita sedang membandingkan diri sendiri dengan orang lain, atau biasa dikenal dengan social comparison. Jika kita sampai iri, berarti ini menjadi tidak baik," kata Marissa, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (27/11/2020).

Menurut Marissa, jika mengalami hal seperti ini, yang perlu dilakukan adalah fokus pada kelebihan diri, mensyukurinya, dan fokus mengembangkan kekurangan diri.

"Setiap orang itu punya proses dan timing yang berbeda beda dalam mencapai sesuatu," ujar dia.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X