Saat Jerman Catatkan 1 Juta Kasus Infeksi Covid-19...

Kompas.com - 27/11/2020, 20:09 WIB
Orang-orang ambil bagian dalam demonstrasi besar yang digelar oleh kelompok sayap kanan dan penyangkal Covid-19, di Berlin, Jerman, Sabtu (29/8/2020). Ribuan rakyat Jerman yang skeptis akan virus corona turun ke jalan di Berlin memprotes aturan pembatasan sosial yang dimaksudkan untuk menekan penyebaran penyakit Covid-19 dari pemerintah. AFP/JOHN MACDOUGALLOrang-orang ambil bagian dalam demonstrasi besar yang digelar oleh kelompok sayap kanan dan penyangkal Covid-19, di Berlin, Jerman, Sabtu (29/8/2020). Ribuan rakyat Jerman yang skeptis akan virus corona turun ke jalan di Berlin memprotes aturan pembatasan sosial yang dimaksudkan untuk menekan penyebaran penyakit Covid-19 dari pemerintah.

 

KOMPAS.com - Jerman mencatatkan satu juta kasus infeksi virus corona pada Jumat (27/11/2020) ketika keraguan akan vaksin mulai mengemuka.

Sempat menjadi mercusuar penanganan kasus virus corona di Eropa, Jerman kini berjuang melawan gelombang kedua pandemi.

Jumlah kasus di negara itu telah stabil sejak fasilitas rekreasi dan olahraga serta ruang makan di dalam ruangan ditutup pada awal November.

Baca juga: Hari-hari Terburuk Italia dan Spanyol akibat Virus Corona Belum Berakhir

Institut Robert Koch untuk pengendalian penyakit mencatat lebih dari 22.000 kasus harian pada Jumat, membawa negara itu menembus satu juta kasus infeksi.

Melansir AFP, Jumat (27/11/2020), jumlah pasien Covid-19 dalam perawatan intensif secara nasional telah melonjak dari lebih dari 360 pada awal Oktober menjadi lebih dari 3.500 minggu lalu.

Jerman sebelumnya telah menutup restoran, bar, fasilitas olahraga, tetapi tetap membuka sekolah dan toko.

Pemerintah juga berencana untuk melakukan pelonggaran sementara selama Natal dan Tahun Baru yang memungkinkan pertemuan hingga 10 orang dewasa dari 23 Desember 2020 hingga tahun baru.

Baca juga: Begini Cara Kerja 8 Vaksin Covid-19 di Dunia

Harapan vaksin

Sementara itu, Jerman kini tengah mempersiapkan vaksinasi dengan mengubah bekas Bandara Berlin sebagai pusat vaksinasi.

Jerman berharap untuk meningkatkan upaya vaksinasi pada kurtal pertama 2021.

Bahkan, negara bagian Rhine-Westphalia Utara telah merencanakan 53 pusat vaksinasi, sementara negara bagian Bavaria sedang mengerjakan 96.

Baca juga: Mengenal 9 Kandidat Vaksin Virus Corona

Kanselir Jerman Angela Merkel menyambut Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte dengan gerakan salam namaste, sebelum pertemuan di wisma tamu pemerintah Jerman di Meseberg, di luar Berlin, Senin (13/7/2020). Sejalan dengan upaya orang-orang menghindari berjabat tangan di tengah pandemi virus corona, muncul beragam cara memberi salam yang dinilai jauh lebih aman.AFP/TOBIAS SCHWARZ Kanselir Jerman Angela Merkel menyambut Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte dengan gerakan salam namaste, sebelum pertemuan di wisma tamu pemerintah Jerman di Meseberg, di luar Berlin, Senin (13/7/2020). Sejalan dengan upaya orang-orang menghindari berjabat tangan di tengah pandemi virus corona, muncul beragam cara memberi salam yang dinilai jauh lebih aman.

Halaman:
Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X