Beberapa Uji Coba Calon Vaksin dan Obat Covid-19 yang Ditangguhkan

Kompas.com - 15/10/2020, 08:20 WIB
Ilustrasi vaksin corona SHUTTERSTOCK/PalSandIlustrasi vaksin corona

KOMPAS.com - Upaya para ilmuwan dan sejumlah negara menemukan vaksin dan obat Covid-19 masih terus dilakukan.

Upaya ini terus berpacu dengan waktu untuk menemukan vaksin. Tercatat, ada 11 vaksin yang kini sedang berada dalam uji coba tahap III pada manusia.

Namun, tak semua proses uji coba berjalan mulus.

Beberapa uji coba vaksin Covid-19 di antaranya dihentikan sementara karena masalah kesehatan yang muncul pada relawan.

Berikut beberapa di antaranya, dirangkum dari pemberitaan Kompas.com.

Oxford

Vaksin Covid-19 yang dikembangkan oleh AstraZeneca dan Oxford telah menghentikan semua uji klinis pada awal September 2020.

Penangguhan itu dilakukan setelah seorang sukarelawan di Inggris mengalami peradangan langkah yang disebut dengan myelitis transversal.

Ini merupakan penangguhan kedua bagi vaksin Covid-19 Oxford setelah ditangguhkan pada Juli 2020 karena sukarelawan mengalami gejala neurologis.

Namun, hasil penyelidikan menunjukkan gejala itu tak terkait dengan vaksin.

Melansir Financial Times, 10 September 2020, CEO AstraZene Pascal Soroit menggambarkan penangguhan tersebut sebagai jeda sementara.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X