[HOAKS] Razia Keliling oleh Wali Kota, Satpol PP, dan Satgas Covid-19 di Tasikmalaya

Kompas.com - 04/09/2020, 16:22 WIB
Pemkot Tasikmalaya menyatakan kabar soal razia dengan mobil GDS tidak benar. FacebookPemkot Tasikmalaya menyatakan kabar soal razia dengan mobil GDS tidak benar.
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Beredar informasi di media sosial soal rencana Wali Kota Tasikmalaya, Satpol PP, dan Satgas Covid-19 melakukan razia keliling menggunakan mobil Gerakan Disiplin Siswa di Kota Tasikmalaya.

Pesan itu juga mengingatkan agar putra putri tidak berkeliaran di luar rumah atau berkerumun di tempat keramaian.

Pemerintah Kota Tasikmalaya memastikan bahwa kabar itu tidak benar atau hoaks.

Narasi yang Beredar

Akun Facebook Atang Mizella membagikan informasi yang mengingatkan warga Kota Tasikmalaya bahwa akan ada razia keliling dengan membawa mobil Gerakan Disiplin Siswa (GDS).

Dalam informasi itu disebutkan bahwa razia akan dilakukan oleh Wali Kota, Satpol PP, dan Satgas Covid-19.

Kabar yang diunggah pada Rabu (2/9/2020) itu menyatakan putra putri yang terjaring razia akan diangkut mobil untuk dikarantina.

Wali murid dan gurunya juga akan dipanggil.

Berikut narasi lengkapnya:

"Assalamualaikum wr wb.untuk warga kota Tasikmalaya khususnya umumnya buat semua..info.penting....... Bp ibu mohon untuk memberitahukan kepada putra putrinya mulai nanti malam dilarang berkeliaran diluar rumah atau berkerumun ditempat2 keramaian karena bapak Wali kota bersama satpol PP dan Satgas Covid 19 akan Razia keliling dg membawa mobil GDS Gerakan Disiplin Siswa bagi yg terjaring akan diangkut di mobil untuk dikarantina , wali murid dan gurunta akan dipanggil juga, Razia masker bagi yg tidak memakai masker disuruh menyemprot lingkungan radius 1000 meter . Mohon untuk di Share di Paguyuban hari ini juga. Terima kasih. Wassalamu'alaikum wr.wb."

Kabar serupa juga dibagikan RizaAdiansya ke grup Facebook TASIKMALAYA FAMILY.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X