Sudah Daftar Kartu Prakerja, Apa Lagi Tahap Selanjutnya?

Kompas.com - 10/08/2020, 06:35 WIB
Pendaftaran gelombang 4 Kartu Prakerja telah dibuka. Instagram Kartu Prakerja @prakerja.go.idPendaftaran gelombang 4 Kartu Prakerja telah dibuka.

KOMPAS.com – Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang IV sudah dibuka kembali pada Sabtu (8/8/2020) pukul 12.00 WIB.

Seperti diberitakan sebelumnya, Sekretaris Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Sesmenko) Susiwijono Moegiharso mengatakan, kuota pendaftaran kali ini dibuka untuk 800.000 peserta.

Setelah melakukan pendaftaran Kartu Prakerja, apa lagi tahap berikutnya?

Mengutip laman Kartu Prakerja, tahapan setelah melakukan pendaftaran Kartu Prakerja adalah menunggu hasil verifikasi data diri.

Jika hasil verifikasi menyatakan calon peserta lolos, maka yang bersangkutan bisa mengikuti tes.  

“Hanya ada 1 tes di tahap ke-2 yang tujuannya adalah untuk mengenali kompetensi dan potensi pendaftar,” kata Head of Communication PMO Prakerja, Louisa Tuhatu, saat dihubungi Kompas.com, Minggu (9/8/2020).

Baca juga: Aturan Baru, Siapa Saja yang Bisa Mendapat Kartu Prakerja?

Louise menjelaskan, ada 7 tahapan yang akan dilalui untuk mengikuti program kartu prakerja.

Adapun pelaksanaan tes merupakan salah satu bagian dari 7 tahapan yang ada dalam program ini.

“Tes ini hanyalah 1 dari 7 tahapan. Jadi ada 6 hal lain yang bisa memengaruhi penerimaan (peserta Kartu Prakerja). Harap dipahami bahwa tes ini bukan seperti ujian masuk kuliah atau sekolah tetapi lebih pada tes untuk melihat potensi dan kompetensi,” ujar Louisa.

Berikut ini secara lengkap tahapan mengikuti program Kartu Prakerja:

Halaman:
Baca tentang

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X