Saat Wabah Salmonella Meluas ke 43 Negara Bagian AS...

Kompas.com - 09/08/2020, 20:30 WIB
Ilustrasi Tifus/ Ilustrasi Tipes/ Bakteri Salmonella thypii Kompas.comIlustrasi Tifus/ Ilustrasi Tipes/ Bakteri Salmonella thypii

KOMPAS.com - Belum beres dengan persoalan Covid-19, Amerika Serikat kini tengah dilanda wabah salmonella.

Sebanyak 43 negara bagian dilaporkan terdampak wabah.

Dilansir CNN, Sabtu (8/8/2020), wabah salmonella yang disebabkan oleh bawang merah tersebut meluas dan telah menginfeksi 640 orang.

Baca juga: Akibat Wabah Pes di Mongolia Dalam, China Isolasi Satu Desa

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS, setidaknya 85 orang dari jumlah di atas telah dirawat di rumah sakit.

BPOM Amerika atau Food and Drug Administration (FDA) melarang konsumen untuk makan bawang bombay dari Thomson International Inc.

Beberapa bawang itu dijual dengan berbagai merek di toko-toko seperti Walmart, Kroger, Fred Meyer, Publix, Giant Eagle, Food Lion, dan HEB.

Baca juga: Hoaks, Air Rebusan Bawang Putih untuk Sembuhkan Virus Corona

Selain itu, beberapa perusahaan juga menarik makanan yang dibuat dengan bawang seperti salad ayam, salad makaroni, tumis fajita, pizza dan bawang mentah potong dadu. Itu termasuk Taylor Farms dan Giant Eagle.

CDC mengatakan orang-orang harus memeriksa apakah produk-produk itu ada di rumah mereka dan membuangnya jika menemukannya.

"Jangan memakannya atau mencoba memasak bawang atau makanan sejenisnya agar aman," kata CDC.

Baca juga: Jamur Enoki dan Kaitannya dengan Wabah Listeria...

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X