Selandia Baru Catatkan 100 Hari Tanpa Community Transmission Covid-19

Kompas.com - 09/08/2020, 19:43 WIB
Ilustrasi virus corona di Selandia Baru. ShutterstockIlustrasi virus corona di Selandia Baru.

KOMPAS.com - Selandia Baru pada Minggu (9/8/2020) melaporkan tak ada kasus baru Covid-19 dari community transmission dalam 100 hari terakhir.

Sebagai catatan, community transmission adalah klasifikasi dari WHO untuk menyebut kondisi sebagian besar kasus yang terkonfirmasi tidak bisa dilacak penularannya.

Melansir NZ Herald, Minggu (9/8/2020), Kementerian Kesehatan Selandia Baru menyebut tidak ada kasus baru pada laporannya hari ini.

Artinya, tidak tercatat adanya kasus harian baru Covid-19 selama empat hari berturut-turut.

Direktur Jenderal Kesehatan Selandia Baru, Ashley Bloomfield, berterima kasih kepada semua orang yang telah diperiksa.

"Mencapai 100 hari tanpa community transmission adalah sebuah batu loncatan yang signifikan," kata Bloomfield dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: 1.290 WNI di Luar Negeri Positif Covid-19, 854 Orang Sembuh, Ini Rinciannya

Tidak berpuas diri

Namun, Bloomfield memperingatkan agar masyarakat Selandia Baru tidak segera berpuas diri dengan pencapaian ini.

"Kami telah melihat sendiri di luar negeri, betapa cepatnya virus dapat muncul kembali dan menyebar di tempat-tempat yang sebelumnya terkendali," ujar dia.

Bloomfield juga mengatakan bahwa mereka perlu bersiap untuk kemungkinan kembali munculnya kasus baru Covid-19 di Selandia Baru.

Sebagaimana diketahui, lonjakan kasus baru memang memang kembali terlihat di sejumlah wilayah di dunia, seperti Victoria, Hong Kong, dan Vietnam.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X