Hari Ini dalam Sejarah: Lahirnya NASA dan Perlombaan Ruang Angkasa...

Kompas.com - 29/07/2020, 08:50 WIB
Tangkapan layar website NASA NASATangkapan layar website NASA

KOMPAS.com - Hari ini 62 tahun lalu, atau tepatnya pada 29 Juli 1958, National Aeronautics and Space Administration (NASA) resmi didirikan.

NASA adalah lembaga pemerintah milik Amerika Serikat yang bertanggung jawab atas program luar angkasa Amerika Serikat dan penelitian umum luar angkasa jangka panjang.

Sejak diciptakan, NASA telah mensponsori ekspedisi ruang angkasa untuk menggali informasi penting tentang tata surya dan alam semesta.

NASA juga telah meluncurkan banyak satelit yang mengorbit bumi. Dengan itu informasi mulai dari prakiraan cuaca, navigasi, hingga komunikasi global bisa terjadi.

Baca juga: NASA Tawarkan Rp 502,3 Juta untuk Desain Toilet di Bulan

Awal mula NASA

Dilansir History, Badan Penerbangan dan Antariksa milik Pemerintah Amerika Serikat tersebut diciptakan sebagai tanggapan terhadap peluncuran satelit pertama Sputnik I milik Uni Soviet pada 4 Oktober 1957.

Satelit seberat 183 pon (83,0074 kg) seukuran bola basket itu mengorbit bumi dalam 98 menit.

Peluncuran The Sputnik diketahui Amerika dan memicu kekhawatiran bahwa Soviet mungkin juga mampu mengirim rudal dengan senjata nuklir dari Eropa ke Amerika.

Amerika membanggakan diri sebagai yang terdepan dalam teknologi, sehingga mereka malu terhadap Uni Soviet.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Pertama Kalinya Manusia Berjalan di Ruang Angkasa

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X