Polemik Pembukaan Sekolah di Luar Zona Hijau, Dinilai Terburu-buru dan Berbahaya

Kompas.com - 29/07/2020, 06:03 WIB
Ilustrasi siswa SD ShutterstockIlustrasi siswa SD

KOMPAS.com - Pada masa pandemi virus corona saat ini, hanya sekolah di zona hijau yang diizinkan melakukan pembelajaran tatap muka dengan protokol kesehatan ketat. 

Namun bisa jadi, tidak hanya sekolah di zona hijau yang akan menjalankan pembelajaran tatap muka.

Sebab pemerintah berencana mengizinkan sekolah di luar zona hijau Covid-19 untuk menggelar kegiatan belajar mengajar tatap muka.

Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo menyampaikan langsung rencana itu usai rapat dengan Presiden Joko Widodo, Senin (27/7/2020).

"Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah melakukan langkah-langkah dan mungkin tidak lama lagi akan diumumkan daerah-daerah yang selain zona hijau itu juga akan diberikan kesempatan melakukan kegiatan belajar tatap muka," kata Doni.

Rencana ini juga didukung oleh hasil survei dari Cyrus Network yang menyebut 80 persen responden menyetujui pembukaan sekolah.

Rinciannya, sebanyak 54,1 persen responden menjawab sangat setuju. Sebanyak 26,1 persen lainnya menjawab setuju.

Baca juga: Pemerintah Akan Beri Izin Sekolah Tatap Muka di Luar Zona Hijau

Perlu kajian mendalam

Ahli epidemiologi Universitas Gadjah Mada (UGM) Bayu Satria Wiratama mengatakan, pemerintah perlu melakukan perencanaan yang matang sebelum pembukaan sekolah tersebut.

Sebab pembukaan di zona hijau saja, menurut Bayu masih memerlukan kajian yang mendalam dan monitoring ketat.

"Perlu perencanaan yang matang. Pembukaan di zona hijau saja perlu kajian mendalam dan monitoring ketat, apalagi di luar zona itu," kata Bayu saat dihubungi Kompas.com, Selasa (28/7/2020).

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X