Survei FSGI 55,1 Persen Sekolah Belum Siap untuk Dibuka Kembali

Kompas.com - 16/06/2020, 13:15 WIB
Ilustrasi pembukaan sekolah kembali DOK. PIXABAYIlustrasi pembukaan sekolah kembali

KOMPAS.com - Pemerintah memutuskan untuk melakukan pembukaan kembali sekolah-sekolah di kabupaten/kota yang tergolong zona hijau corona.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menyebut ada sebanyak 6 persen peserta didik yang tinggal di 85 kabupaten/kota yang masuk kawasan zona hijau Covid-19.

Sementara mayoritas atau 94 persen peserta didik tinggal di 429 kabupaten/kota zona zona kuning, oranye, dan merah Covid-19.

Bagi mereka yang berada dalam tiga kawasan ini, tetap wajib mengikuti pembelajaran namun melalui metode jarak jauh (PJJ).

Untuk dapat membuka kembali pembelajaran tatap muka, ada 4 syarat yang wajib dipenuhi terkait lokasi di zona hijau, izin dari pemerintah daerah dan kantor/kantor wilayah kementerian agama, memenuhi seluruh daftar protokol kesehatan dan persetujuan orang tua/wali murid.

Apabila salah satu dari syarat-syarat tersebut tidak terpenuhi, peserta didik harus melanjutkan pembelajaran dari rumah secara penuh.

Baca juga: Sekolah Akan Kembali Dibuka, Kapan dan Bagaimana Tahapannya?

Belum siap

Menanggapi keputusan yang disampaikan oleh Mendikbud tersebut, Wakil Sekretaris Jenderal Federasi Serikat Guru Indonesia ( FSGI) Satriwan Halim menyebut bahwa dari survei yang sempat dilakukan FSGI, sebagian mengatakan belum siap jika sekolah dibuka kembali.

Survei tersebut dilakukan pada 6 hingga 8 Juni 2020 lalu dengan responden dari 34 provinsi dan 245 kabupaten kota dari Aceh hingga Papua. 

"Kami sempat menggelar survei dengan responden sebanyak 1.656 orang yang terdiri dari guru dan kepala sekolah. Hasilnya, 55,1 persen masih keberatan dengan pembukaan sekolah kembali," kata Satriwan saat dihubungi Kompas.com, Selasa (16/6/2020) pagi.

Adapun alasan-alasan yang mendasari keberatan ini di antaranya adalah terkait infrastruktur protokol kesehatan yang belum memadai dan waktu persiapan yang pendek.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X