Drone Emprit Ungkap 3 Akun Penyebar Meme Fitnah Bintang Emon

Kompas.com - 16/06/2020, 10:00 WIB
Tangkapan layar paparan Ismail Fahmi Drone Emprit screenshootTangkapan layar paparan Ismail Fahmi Drone Emprit

KOMPAS.com - Pembahasan mengenai kasus penyiraman air keras terhadap Novel Baswedan ramai dalam beberapa hari belakangan.

Hal itu menyusul tuntutan jaksa terhadap terdakwa yaitu satu tahun penjara yang dinilai tidak mencerminkan asas keadilan.

Perbincangan semakin riuh setelah komika Bintang Emon membuat video yang mengkritik tuntutan satu tahun itu karena dianggap terdakwa tidak sengaja melakukan penyerangan.

Setelah video Bintang viral, muncul serangan terhadap komika tersebut yang menuduh dia memakai narkoba jenis sabu.

Baca juga: Bintang Emon Dituding Pakai Narkoba, Para Komika Buka Suara

Trending di Twitter

Cuitan yang menyebut Bintang Emon trending di Twitter hingga mencapai lebih dari 270.000 tweets pada Senin (15/6/2020) malam.

Pada Selasa (16/6/2020), twit #BINTANGEMONBESTBOY juga trending yang dicuitkan sebanyak lebih dari 40.000 kali.

Pendiri sekaligus analis Drone Emprit, Ismail Fahmi, menganalisis pemicu awal munculnya hoaks Bintang Emon memakai sabu.

Dari hasil pencarian di raw data Drone Emprit, pada tanggal 14 Juni diketahui, search dengan keyword "sabu" dan "narkoba" menghasilkan tiga akun yang membuat unggahan sama persis, pada menit yang sama pula.

Ketiga akun itu yakni @LintangHanita (2 followers), @Tiara616xxx (9 followers), dan @LiarAngsa (0 followers).

"Ketika masing-masing diexplore, semua menampilkan 5 postingan yang sama persis dan jam yang sama, antara 22:45 sd 22:49 WIB," kata Fahmi dalam akun Twitter-nya.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X