Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang Dua Dibuka Hari Ini, Berikut Cara Daftar hingga Kisi-kisi Tesnya

Kompas.com - 20/04/2020, 05:50 WIB
Petugas mendampingi warga yang melakukan pendaftaran calon peserta Kartu Prakerja di LTSA-UPT P2TK di Surabaya, Jawa Timur, Senin (13/4/2020). Pemprov Jawa Timur membuka 56 posko yang tersebar di 38 kabupaten/kota di Jawa Timur untuk memberikan pelayanan dan pendampingan kepada masyarakat yang terdampak COVID-19 dalam mendaftar program Kartu Prakerja. ANTARA FOTO/Moch Asim/wsj. ANTARA FOTO/Moch AsimPetugas mendampingi warga yang melakukan pendaftaran calon peserta Kartu Prakerja di LTSA-UPT P2TK di Surabaya, Jawa Timur, Senin (13/4/2020). Pemprov Jawa Timur membuka 56 posko yang tersebar di 38 kabupaten/kota di Jawa Timur untuk memberikan pelayanan dan pendampingan kepada masyarakat yang terdampak COVID-19 dalam mendaftar program Kartu Prakerja. ANTARA FOTO/Moch Asim/wsj.
Penulis Mela Arnani
|

KOMPAS.com - Program Kartu Prakerja gelombang kedua rencananya dibuka hari ini, Senin (20/4/2020). Sebelumnya, pendaftaran gelombang pertama telah berlangsung pada 11-16 April 2020 lalu, dengan kuota sebanyak 164.000 peserta.

Pemerintah menargetkan setidaknya terdapat 30 gelombang pelaksanaan pendaftaran Kartu Prakerja hingg akhir tahun 2020.

Adapun pendaftaran program pemerintah berupa uang pelatihan dan intensif ini dapat dilakukan secara online melalui laman prakerja.go.id.

Baca juga: Bukan untuk Menggaji Pengangguran, Pemilik Kartu Prakerja Tetap Dapat Insentif?

Cara pendaftaran

Bagi yang belum mempunyai akun, dapat mendaftarkan diri di laman resmi prakerja.go.id.

Program ini hanya ditujukan bagi WNI berusia minimal 18 tahun dan tidak sedang menempuh studi formal.

Pendaftaran akun menggunakan alamat e-mail aktif dan buat password. Setelah itu, pendaftar akan menerima kode verifikasi dan isi data yang tersedia dengan benar.

Cara mendapatkan Kartu PrakerjaKOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Cara mendapatkan Kartu Prakerja

Tes

Pendaftar tidak serta merta langsung diterima pada program ini, melainkan harus menjalani serangkaian tes motivasi dan kemampuan dasar.

Tes bertujuan mengenali kompetensi dan potensi yang dimiliki pendaftar.

Akan diujikan sebanyak 19 soal dengan waktu maksimal 25 menit. Tes berupa pengoperasian matematika, pengurutan instruksi dan pemahaman bacaan non sastra.

Soal numerik berupa penjumlahan, pengurangan, penjumlahan pecahan, soal logika. Selain itu, juga akan muncul pertanyaan seputar motivasi mengikuti tes.

Baca juga: Sudah Diumumkan, Ini Cara Cek Lolos Kartu Prakerja dan Fasilitasnya

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X