Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Layanan Sewa Skuter dan Kursi Roda bagi Jemaah Haji Lansia

KOMPAS.com - Indonesia mengirimkan kuota jemaah haji secara penuh pada 2023 ini untuk pertama kalinya sejak pandemi Covid-19.

Dilansir Kompas.com (24/5/2023) kuota jemaah haji 2023 asal Indonesia mencapai 221.000. Jumlah ini terdiri atas 203.320 kuota jemaah haji reguler dan 17.680 kuota jemaah haji khusus.

Seluruh jemaah haji asal Indonesia diberangkatkan ke dalam dua gelombang. Gelombang pertama diberangkatkan menuju Madinah secara bertahap mulai 23 Mei 2023 lalu.

Sementara jemaah haji gelombang dua akan mulai diberangkatkan secara bertahap pada 8 Juni 2023 mendatang, dengan tujuan Jeddah.

Sejumlah hal yang perlu diwaspadai oleh jemaah haji 2023 adalah suhu panas di Arab Saudi yang bisa mencapai lebih dari 40 derajat celcius.

Oleh karena itu, diimbau agar memperbanyak minum saat sedang melaksanakan ibadah dan tetap mengenakan alas kaki saat berjalan di tengah terik matahari.

Layanan Sewa Skuter dan Kursi Roda

Bagi para lansia yang tidak kuat berjalan jauh atau jemaah yang memiliki kondisi fisik yang tidak memungkinkan berjalan kaki saat tawaf dan sai, bisa memanfaatkan layanan sewa skuter dan atau kursi roda di Masjidil Haram.

Hal tersebut disampaikan oleh Juru Bicara Kementerian Agama Anna Hasbie, sebagaimana dilansir laman resmi Kementerian Agama.

Diketahui, pengelola Masjidil Haram telah menyediakan jalur khusus bagi jemaah haji yang akan tawaf dan sai menggunakan skuter atau kursi roda.

Bagi para jemaah haji yang bingung ketika ingin menyewa skuter maupun kursi roda, diimbau agar tidak sungkan untuk meminta bantuan petugas di sekitar Masjidil Haram.

Berikut ini adalah rincian biaya sewa layanan skuter dan kursi roda bagi jemaah haji lansia yang tidak mampu berjalan kaki saat tawaf dan sai.

2. Tarif sewa layanan skuter di Masjidil Haram

Untuk tarif Skuter 1 Orang:

  • Paket Tawaf dan Sai dikenakan biaya SR 115/orang
  • Tawaf saja dikenakan biaya SR 57,5/orang
  • dan Sa'i saja dikenakan biaya SR 57,5/orang.

Tarif untuk skuter 2 orang:

Penting untuk diperhatikan, ketika akan menyewa kursi roda, pastikan Anda menggunakan jasa sewa yang resmi.

Anda bisa mengenali petugas resmi yang ada di dalam Masjidil Haram, karena mereka menggunakan seragam khusus.

Jemaah haji perlu mengabaikan bila ada tawaran sewa kursi roda dari orang yang tidak beridentitas resmi.

https://www.kompas.com/tren/read/2023/06/04/104500565/layanan-sewa-skuter-dan-kursi-roda-bagi-jemaah-haji-lansia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke