Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Hal soal Uji Coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung: "Red Komodo" Meluncur Perdana ke Jakarta!

KOMPAS.com - Tahapan uji coba tahap awal atau test commissioning terhadap Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) telah dimulai pada Senin (15/5/2023).

Dilansir dari laman kcic.co.id, test commissioning dilakukan untuk melihat kesiapan semua sarana dan prasarana KCJB yang telah dibangun.

Pada tahap awal test commissioning, baru akan dimulai persiapan-persiapan berupa pengujian integrasi sistem sarana, prasarana, fixed asset seperti signalling, telecomunication, catenary, Operation Control Center (OCC), depo, dan stasiun.

Test commissioning adalah salah satu bagian yang sangat penting dalam rencana pengoperasian KCJB.

Pasalnya, dalam proses inilah akan dilakukan pengujian dan assessment sarana dan prasarana kereta cepat serta integrasi sistemnya, termasuk uji dinamis perjalanan EMU/CIT yang akan dilakukan di sepanjang trase KCJB.

Berikut 5 hal mengenai uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung:

Masih dilansir dari laman kcic.co.id, PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) telah mengaliri 4 substation traksi KCJB dengan tegangan 27,5 kV mulai Kamis (18/5/2023).

Artinya, penyaluran daya listrik melalui Overhead Catenary System (OCS) atau listrik aliran atas KCJB sudah dimulai.

Adapun total panjang kabel kontak OCS tersebut 384,6 kilometer (km) yang terpasang pada jalur KCJB sepanjang 142,3 km.

General Manager Corporate Secretary KCIC Rahadian Ratry mengimbau masyarakat untuk tidak mendekati jalur KCJB karena sangat berbahaya bagi dirinya ataupun kelangsungan test commissioning KCJB.

"Masyarakat harus berhati-hati jika beraktivitas di sekitar Jalur KCJB karena dapat tersengat listrik tegangan tinggi," ujar dia.

2. TNI-Polri dilibatkan dalam uji coba kereta cepat

Rahadian menambahkan, KCIC juga telah bekerja sama dengan TNI-Polri dalam rangka mencegah gangguan yang berpotensi membahayakan test commissioning hingga operasional KCJB nantinya.

KCIC mengingatkan kepada semua pihak untuk tidak melakukan pencurian ataupun perusakan terhadap kabel listrik, kabel kontak, dan elemen struktural lainnya pada peralatan dan fasilitas KCJB.

Pasalnya, hal itu dapat membahayakan keselamatan perjalanan KCJB .

"Semua larangan ini dimaksudkan untuk memastikan keselamatan masyarakat yang berada di sepanjang jalur dan keamanan operasional Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung," kata Rahadian.

Dengan dialirkannya listrik ke OCS, hal ini juga menandakan bahwa tahapan-tahapan awal test commissioning berjalan lancar.

Melalui OCS yang sudah dialiri listrik, rangkaian Comprehensive Inspection Train (CIT) juga sudah mulai dipersiapkan karena dalam waktu dekat akan melintas di jalur KCJB untuk melakukan pengecekan secara menyeluruh.

Masyarakat diminta untuk tidak mendekati jalur KCJB karena sangat berbahaya bagi dirinya ataupun kelangsungan test commissioning KCJB.

Selain itu, masyarakat dilarang untuk beraktivitas di jalur KCJB, melempar benda asing, bermain layangan atau balon di sekitar jalur KCJB, masuk ke dalam jalur rel, terowongan dan jembatan KCJB, serta masuk ke area-area terlarang lainnya.

4. EMU Kereta Cepat Jakarta-Bandung tiba di Stasiun Halim

Diberitakan Antara, rangkaian Electrical Multiple Unit (EMU) KCIC 400 AF atau yang disebut juga Red Komodo ini dioperasikan dari Depo Tegalluar sampai Stasiun Halim Jakarta pada Jumat (19/5/2023).

Momen penting dalam proyek KCJB ini terjadi dalam rangka pengujian Hot Sliding Test atau pengetesan untuk mengetahui kondisi Overhead Catenary System KCJB.

Nantinya, uji coba akan terus dilakukan hingga akhirnya KCJB diresmikan.

5. Sistem yang dibangun diklaim standar internasional

Kembali dikutip dari laman kcic.co.id, KCIC mengeklaim, seluruh sistem yang dibangun telah sesuai dengan standar internasional.

Sehingga, memili kualitas yang baik, umur pakai yang panjang, dan keamanan yang dapat diandalkan.

Berbagai langkah, prosedur, dan penanganan kondisi darurat telah disiapkan untuk menjamin keamanan seluruh sistem kelistrikan KCJB.

https://www.kompas.com/tren/read/2023/05/20/123000065/5-hal-soal-uji-coba-kereta-cepat-jakarta-bandung-red-komodo-meluncur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke