Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

18 Cara Mengecilkan Perut Buncit

Seseorang dikatakan buncit jika memiliki lingkar perut lebih dari 90 cm untuk laki-laki dan lebih dari 80 cm untuk perempuan.

Dilansir dari Antara, Mardi Santoso Ketua Persatuan Diabetes Indonesia (Persadia) wilayah Jakarta, Bogor, Bekasi, dan Depok menyebutkan bahwa 31 persen masyarakat Indonesia berumur lebih dari 15 tahun memiliki perut buncit.

Jika dibiarkan, perut buncit dapat mengganggu metabolisme tubuh dan memicu timbulnya penyakit berbahaya. Untuk mencegah itu, perut buncit harus diatasi.

Dilansir dari Healthline (8/2/2023), berikut 18 tips mengecilkan perut buncit.

1. Makan banyak soluble fiber

Soluble fiber atau serat yang larut dalam air dapat membentuk gel yang membantu memperlambat jalannya makanan dalam sistem pencernaan.

Serat ini dapat membantu kita cepat merasa kenyang sehingga membuat kita makan lebih sedikit dan menurunkan berat badan.

Soluble fiber juga membantu mengurangi lemak perut penyebab buncit. Serat ini terkandung dalam buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan gandum.

2. Hindari makanan mengandung lemak trans

Lemak trans merupakan jenis lemak tak jenuh yang memicu peradangan, penyakit jantung, dan penambahan lemak di perut.

Lemak trans biasanya terkandung dalam margarin, bahan olesan lainnya, dan makanan kemasan.

Mengurangi alkohol dapat membantu mengurangi ukuran pinggang. Karena itu, laki-laki dianjurkan meminum maksimal 2 gelas alkohol sehari sementara perempuan hanya satu gelas.

4. Makan makanan berprotein tinggi

Protein sangat penting untuk menjaga berat badan. Asupan makanan yang tinggi protein dapat meningkatkan pelepasan hormon peptida YY yang menyebabkan perut terasa penuh.

Kondisi ini menyebabkan rasa kenyang meningkat dan nafsu makan seseorang akan menurun.

Protein tinggi terkandung dalam daging, ikan, telur, produk susu, dan kacang-kacangan.

5. Kurangi stres

Stres ternyata dapat membuat perut buncit dengan memicu kelenjar adrenal memproduksi hormon bernama kortisol. Hormon ini dapat meningkatkan nafsu makan dan memicu penyimpanan lemak perut.

Kondisi ini banyak dialami perempuan yang memiliki pinggang besar. Mereka cenderung memproduksi banyak kortisol saat stres.

Untuk mengatasi ini, disarankan memperbanyak aktivitas penghilang stres seperti yoga atau meditasi.

6. Kurangi makanan manis

Gula mengandung fruktosa yang bisa memicu penyakit berbahaya jika dikonsumsi berlebihan. Penyakit ini termasuk jantung, diabetes tipe 2, dan penyakit hati.

Selain itu, asupan gula yang tinggi juga memicu peningkatan lemak perut. Kondisi ini tidak hanya berlaku untuk gula instan, melainkan juga produk yang mengandung gula alami seperti madu.

7. Lakukan senam aerobik

Senam aerobik atau kardio ternyata efektif meningkatkan kesehatan dan membakar kalori. Oleh karena itu, olahraga ini sangat bermanfaat mengurangi lemak perut.

Penelitian menunjukkan, perempuan yang melakukan senam aerobik selama 300 menit per minggu akan kehilangan lebih banyak lemak daripada mereka yang hanya berolahraga 150 menit per minggu.

8. Kurangi karbohidrat

Mengurangi konsumsi karbohidrat sangat bermanfaat menghilangkan lemak perut. Hal ini sangat bermanfaat bagi mereka yang obesitas atau berisiko terkena diabetes tipe 2.

Untuk itu, dianjurkan mengurangi karbohidrat atau mengganti dengan konsumsi biji-bijian, kacang polong, atau sayuran.

9. Lakukan latihan angkat beban

Angkat beban atau latihan kekuatan dapat menambah massa otot dan menghilangkan lemak perut.

Latihan angkat beban akan semakin menunjukkan hasil positif jika dikombinasikan dengan senam aerobik.

10. Kurangi minuman manis

Minuman manis mengandung fruktosa yang menyebabkan perut buncit.

Sebuah studi membuktikan, pasien diabetes tipe 2 yang meminum 1 minuman manis setiap minggu akan menambah lemak perut daripada orang yang tidak mengonsumsinya. 

Karenanya, sangat dianjurkan mengurangi konsumsi minuman soda dan teh manis.

11. Perbanyak tidur

Kekurangan tidur dapat meningkatkan risiko obesitas dan menambah lemak pada perut.

Penelitian menyebutkan, perempuan yang hanya tidur selama 5 jam per malam justru berat badannya lebih mudah naik daripada orang yang tidur 7 jam.

12. Awasi makanan yang dikonsumsi dan olahraga

Konsumsi lebih sedikit kalori dapat menjaga berat badan dan mengurangi lemak perut. Selain itu, juga harus diimbangi dengan olahraga teratur.

Pengawasan terhadap kandungan makanan yang dikonsumsi dan lama waktu olahraga setiap hari dapat memastikan seseorang melakukan usaha yang benar untuk mengecilkan perut buncitnya.

13. Makan ikan setiap minggu

Ikan kaya akan protein dan lemak omega-3. Keduanya dapat mencegah penyakit dan mengurangi lemak.

Konsumsi 2-3 porsi ikan per minggu sangat dianjurkan untuk mengecilkan perut buncit. Jenis ikan yang sesuai untuk dikonsumsi adalah salmon, haring, sarden, ikan kembung, dan teri.

14. Kurangi minum jus buah

Jus buah memang mengandung vitamin dan mineral. Namun, sering mengandung banyak gula.

Mengonsumsi banyak jus buah juga terbukti malah menambah berat badan karena kandungan kalori di dalamnya.

Karena itu, sebaiknya kurangi mengonsumsi jus buah dan ganti dengan minuman tanpa gula, seperti air atau teh tawar.

15. Konsumsi probiotik

Probiotik adalah bakteri yang ditemukan di beberapa makanan dan suplemen. Bakteri ini bermanfaat untuk membantu meningkatkan kesehatan usus dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Probiotik juga dapat mengatur berat badan dan menghilangkan lemak perut.

Bakteri yang terbukti mengurangi lemak perut, yaitu Lactobacillus fermentum, Lactobacillus amylovorus, dan Lactobacillus gasseri.

16. Lakukan puasa intermiten

Puasa intermiten sangat populer sebagai metode penurunan berat badan.

Metode ini dilakukan dengan berpuasa selama 24 jam sekali atau dua kali dalam waktu seminggu. Cara lain dilakukan dengan puasa setiap hari selama 16 jam dan hanya makan selama 8 jam.

Satu studi menemukan bahwa puasa intermiten menyebabkan penurunan berat badan dan mengurangi lemak. Jika merasa perlu, lakukan puasa intermiten dengan saran dokter dan tidak secara berlebihan.

17. Minum teh hijau

Teh hijau mengandung kafein dan antioksidan epigallocatechin gallate (EGCG) yang meningkatkan metabolisme tubuh.

Keduanya akan semakin membantu menghilangkan lemak perut dan meningkatkan penurunan berat badan jika dikombinasikan dengan olahraga.

Konsumsi teh hijau secara teratur juga bermanfaat untuk mengurangi berat badan dan lingkar pinggang. Karena itu, dianjurkan minum teh hijau 500 miligram per hari selama 12 minggu.

18. Ubah gaya hidup

Lakukan gaya hidup sehat dan pola makan seimbang juga merupakan kunci untuk menghilangkan lemak perut dan mempertahankannya.

Orang berperut buncit sangat dianjurkan melakukan tips-tips di atas secara konsisten agar lebih efektif mengecilkan perutnya.

https://www.kompas.com/tren/read/2023/02/19/133000965/18-cara-mengecilkan-perut-buncit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke