Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Bogor Lavani, Tim Voli SBY, Juara Proliga 2022

Tim bola voli milik Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini dinyatakan sebagai juara setelah mengalahkan Surabaya Bhayangkara Samator dengan skor 3-2 (25-27, 25-19, 20-25, 25-18, 15-10).

Profil tim bola voli Lavani

Menjadi pemenang pada Proliga 2022 pada liga pertamanya, tim bola voli Bogor Lavani menarik perhatian masyarakat.

Bogor Lavani punya siapa?

Bogor Lavani adalah tim bola voli milik mantan Presiden Indonesia keenam, yaitu Susilo Bambang Yudhoyono atau kerap disapa SBY.

SBY memang memiliki kegemaran terhadap cabang olah raga satu ini. Sebagai wujud kegemarannya, SBY mendirikan klub bola voli Bogor Lavani pada 1 Desember 2019.

Berusia 3 tahun, tim bola voli Bogor Lavani mampu menjuarai laga Proliga 2022.

Didirikan sebagai wujud cinta kepada sang isteri

SBY menyematkan nama Bogor Lavani bukan tanpa alasan. Dikutip dari Kompas.com (28/3/2022), kepanjangan Lavani dari nama Bogor Lavani terdiri dari 3 kata, yaitu “Bogor”, “Lav”, dan “Ani”.

Kata “Bogor” merupakan tempat klub bola voli tersebut didirikan. Sementara “Lav” diambil dari kata “Love” yang berarti cinta jika diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia. Adapun kata Ani, merupakan nama mendiang isteri SBY, yaitu Ani Yudhoyono yang meninggal pada 1 Juni 2019.

Bogor Lavani ini didirikan sebagai bentuk cinta kasih dan penghormatan SBY kepada sang isteri.

Skuad bintang bola voli

Dalam menghadapi pertandingan di Proliga 2022, skuad Bogor Lavani merekrut pemain-pemian muda berbakat hingga bintang voli kenamaan dan legiun asing yang berkualitas.

Dua bintang voli yang bergabung di dalam tim bola voli Bogor Lavani, di antaranya Dio Zulfikri (setter) dan Doni Haryono (outside hitter).

Mereka merupakan bintang timnas voli Indonesia. Sebagai altel voli Timnas, Dio Zulfikri pernah mengantarkan Timnas Indonesia menempati podium kedua pada SEA Games 2017 Malaysia.

Ia juga pernah menjadi kapten Timnas Indonesia di SEA Games 2019 dan berhasil mengantar tim Merah Putih meraih medali emas.

Adapun Doni Haryono pernah meraih sejumlah penghargaan sebagai atlet voli Timnas Indonesia. Ia bahkan sempat dinobatkan sebagai pemain terbaik atau MVP.

Di jajaran pemain asing, terdapat nama Jorge Gonzales Garcia yang merupakan pemain bola voli dari Kuba. Sementara pemain asing dari Brasil juga ikut bergabung di tim bola voli Bogor Lavani. Ia adalah Leonardo Martins da Silva dari Brasil.

Komposisi skuad mumpuni ini dipegang oleh pelatih yang ahli menyusun strategi, yakni Jiang Jie.

Latihan yang matang

Meskipun memiliki komposisi pemain yang mumpuni, tim bola voli Bogor Lavani tetap giat melakukan latihan jelang kompetisi Proliga 2022.

Sebelumnya, Bogor Lavani sudah menyiapkan latihan untuk berlaga di Proliga 2022. Namun karena situasi pandemi Covid-19, kompetisi tersebut tidak diadakan.

Latihan tersebut membuahkan hasil yang membanggakan. Pasalnya tim bola voli Bogor Lavani dapat melaju hingga grandfinal di kompetisi Proliga 2022.

Dalam pertandingan Lavani vs Samator, Tim bola voli yang belum genap berusia tiga tahun itu keluar sebagai juara setelah mengalahkan Surabaya Bhayangkara Samator, peraih juara selama 7 tahun berturut-turut.

Kemenangan Bogor Lavani itu juga disaksikan oleh SBY dan keluarganya yang juga turut hadir di pertandingan final Proliga 2022.

SBY hadir bersama kedua putranya Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas dan Agus Hari Murti Yudhoyono.

Adapun menantu SBY, yakni Aliya Rajasa Baskoro Yudhoyono dan Annisa Larasati Pohan juga tampak ikut hadir.

(Sumber: Kompas.com/Faishal Raihan | Editor: Faishal Raihan)

https://www.kompas.com/tren/read/2022/03/28/131500965/mengenal-bogor-lavani-tim-voli-sby-juara-proliga-2022

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke