Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lelang Mobil Selundupan Toyota Trueno AE86 "Initial D" Laku Rp 1 Miliar, Apa Istimewanya?

KOMPAS.com - Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pontianak berhasil melelang Toyota AE86 Trueno senilai Rp 1,03 miliar.

Toyota AE86 Trueno memang menjadi salah satu model mobil legendaris yang pernah dipakai seorang pebalap berjuluk "Drift King", yakni Keiichi Tsuchiya.

KPKNL Pontianak berhasil melelang mobil limited edition tersebut dengan mekanisme e-auction open bidding melalui lelang.go.id pada Kamis (3/2/2022).

"Lelang hari ini sangat menggembirakan. Selain berhasil mencapai harga yang fantastis, juga senang sekali melihat antusias dan usaha para peserta lelang dalam menaikan harga setinggi-tingginya untuk mendapatkan mobil yang memang tidak dijual di Indonesia ini," ucap pejabat lelang KPKNL Pontianak, Juana, dikutip dari djkn.kemenkeu.go.id, Jumat (4/2/2022).


Penawaran lelang terus melonjak

Menurut KPKNL Pontianak, animo masyarakat terhadap pelelangan Toyota AE86 Trueno sangat tinggi.

Hal itu terbukti dari banyaknya penawaran masuk saat pelaksanaan lelang yang berlangsung selama satu jam, dimulai dari pukul 09.30-10.30 WIB.

Dalam durasi tersebut, masuk sebanyak 63 penawaran hingga akhirnya mencapai penawaran tertinggi.

Penawaran terus melonjak dari harga limit Rp 96,9 juta hingga mencapai Rp 1,036 miliar atau naik sebesar 1.072 persen.

Sesuai ketentuan, pemenang diberikan jangka waktu selama lima hari kerja untuk melakukan pelunasan.

Selanjutnya, hasil dari lelang akan disetorkan ke kas negara sebagai Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Toyota AE86 Trueno selundupan

Toyota AE86 Trueno yang dilelang merupakan hasil tegahan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C (KPPBC TMP C) Nanga Badau atas pelanggaran Pasal 102 (B) Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2006 tentang Kepabeanan.

AE86 Trueno tersebut diketahui telah dicoba diselundupkan ke Indonesia melalui perbatasan Negara dengan Malaysia di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Nanga Badau di Kalimantan Barat.

Dilansir dari laman Antara, 31 Agustus 2021, Toyota AE86 Trueno tersebut dicoba diselundupkan melalui jalur non prosedural Kecamatan Badau di batas Indonesia-Malaysia wilayah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

Namun, upaya penyelundupan tersebut berhasil digagalkan oleh tim gabungan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan intelijen serta petugas di perbatasan.

Pembawa mobil yang dikatakan "Toyota Trueno Limited Edition AE86" itu melarikan diri ke arah Malaysia saat dikejar petugas, sementara mobil berhasil diamankan.

Dilansir dari foto yang dilampirkan di laman lelangnya, lelang.go.id, Toyota AE86 Trueno ini memiliki kelir two-tone hitam putih, persis seperti yang ada dalam serial animasi Inital D.

Namun sayangnya, eksterior mobil tersebut tampak tidak terawat sehingga akan butuh banyak perbaikan.

Tertulis dalam keterangannya, mesin yang terpasang berkode 4A-GEU, mengisyaratkan bahwa dapur pacu yang terpasang merupakan mesin DOHC 1.587 cc 4 silinder yang digunakan AE86 Trueno di pasar otomotif negara asalnya.

Berikut spesifikasi Toyota AE86 Trueno dilansir dari laman whichcar.com:

https://www.kompas.com/tren/read/2022/02/05/080000665/lelang-mobil-selundupan-toyota-trueno-ae86-initial-d-laku-rp-1-miliar-apa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke