Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Melihat Proses Pembasmian Sarang Tawon Pembunuh Pertama di AS

KOMPAS.com - Pekerja Departemen Pertanian Washington, Amerika Serikat yang mengenakan pakaian pelindung telah membasmi sarang pertama tawon pembunuh raksasa.

Para petugas menyedot tawon itu dari pohon yang ada di negara bagian Washington.

Ahli Entomologi Departemen Pertanian Negara Bagian Washington (WSDA) pertama kali menemukan sarang tawon raksasa Asia itu pada Kamis (22/10/2020) di sebuah properti di Blaine, dekat perbatasan dengan Kanada.

Dikutip dari AFP, Minggu (25/10/2020), mereka menghabiskan waktu berminggu-minggu untuk mencari sarang, menjebak, dan melacak tawon tersebut.

Pada Sabtu (24/10/2020) sebelum matahari terbit, tim pekerja yang mengenakan pelindung lengkap menyedot serangga dari sarang mereka di rongga pohon mati.

"Beberapa tawon raksasa Asia disedot dari rongga pohon dekar Blaine pagi ini," tulis Departemen Pertanian melalui akun Twitter-nya.

Para ilmuwan di Washington secara aktif mencari tawon raksasa Asia sejak terdeteksi pertama kali pada Desember 2019 dan berhasil menangkap salah satunya pada Juli 2020.

Kanada juga menemukan tawon raksasa Asia di dua lokasi berbeda di British Colombia.

Para ilmuwan memperingatkan, tawon itu dapat menyebar di Amerika Utara dalam beberapa tahun ke depan jika tidak dibasmi.

Tawon yang berasal dari Asia Timur dan Jepang, biasanya tidak menyerang manusia tetapi mereka dikenal menghancurkan koloni lebah madu.

Tawon pembunuh itu dapat membunuh lebah madu dengan menggigit kepalanya serta menempati sarang hingga seminggu atau lebih untuk memakan pupa dan larva.

Melansir BBC, Minggu (25/10/2020), tawon raksasa Asia merupakan salah satu lebah terbesar di dunia dengan panjang ratunya bisa mencapai lebih dari 5 centimeter.

Sengatan berbisa mereka dapat menembus pakaian pelindung manusia. Menurut laporan, tawon itu membunuh 40 orang di Asia setiap tahunnya.

Secara global, konservasionis sangat prihatin dengan penurunan populasi tawon.

Akan tetapi, beberapa tawon boleh dibunuh ketika mereka termasuk kategori spesies invasif, spesies yang bukan dari luar daerah dan memangsa serangga lain.

Lebah madu terancam karena kehilangan makanan setelah perusakan habitat, pestisida, dan penyakit.

https://www.kompas.com/tren/read/2020/10/26/153609465/melihat-proses-pembasmian-sarang-tawon-pembunuh-pertama-di-as

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke