Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Organisasi Persyarikatan Muhammadiyah

Kompas.com - 19/05/2024, 07:00 WIB
Endang Mulyani,
Nibras Nada Nailufar

Tim Redaksi

Sumber Kompas.com

KOMPAS.COM - Muhammadiyah merupakan salah satu dari dua organisasi Islam terbesar di Indonesia. 

Muhammadiyah didirikan di Kampung Kauman Yogyakarta, pada tanggal 8 Dzulhijjah 1330 H atau 18 November 1912 oleh Muhammad Darwis, yang kemudian dikenal dengan KH Ahmad Dahlan.

Dalam mewujudkan tujuannya, Persyarikatan Muhammadiyah membentuk beberapa organisasi di bawah naungannya.

Organisasi-organisasi ini selanjutnya diberi hak dan kewajiban untuk mengatur kehidupan secara mandiri, menjadi organisasi otonom (ortom).

Mereka punya tanggung jawab membina warga Persyarikatan Muhammadiyah dalam bidang-bidang tertentu, dalam rangka mencapai maksud dan tujuan Persyarikatan Muhammadiyah.

Baca juga: Apa Saja Jasa Ahmad Dahlan, Sang Pelopor Muhammadiyah?

Organisasi di bawah naungan Muhammadiyah punya jaringan struktur yang sama sebagaimana halnya dengan Muhammadiyah.

Mulai dari tingkat pusat, tingkat provinsi, tingkat kabupaten, tingkat kecamatan, tingkat desa, dan kelompok-kelompok atau jamaah – jamaah.

Adapun organisasi di bawah naungan Persyarikatan Muhammadiyah yakni:

Aisyiyah

Aisyiyah didirikan pada 19 Mei 1917 di Yogyakarta oleh Nyai Ahmad Dahlan sebagai organisasi perempuan Muhammadiyah, berfokus pada sosial, pendidikan, dan kesehatan

Pemuda Muhammadiyah

Pemuda Muhammadiyah, berdiri pada 2 Mei 1932, adalah organisasi pemuda yang menghimpun dan membina pemuda Islam untuk meningkatkan peran mereka dalam mencapai tujuan Muhammadiyah.

Baca juga: Ciri-Ciri Lembaga Pendidikan Muhammadiyah

Nasyiyatul Aisyiyah

Nasyiatul Aisyiyah, didirikan pada tahun 1931, merupakan organisasi remaja putri Muhammadiyah yang berperan dalam pembinaan generasi muda perempuan.

Ikatan Pelajar Muhammadiyah

Ikatan Pelajar Muhammadiyah, lahir pada tahun 1961, bertujuan membentuk pelajar muslim yang berilmu dan berakhlak mulia.

Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah

Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, didirikan pada tahun 1964, adalah gerakan mahasiswa Islam yang menjadi bagian dari Muhammadiyah.

Tapak Suci Putera Muhammadiyah

Berdiri pada tahun 1963, Tapak Suci Putera Muhammadiyah adalah perguruan pencak silat yang juga berfungsi sebagai organisasi kader Muhammadiyah

Baca juga: Sejarah Tapak Suci, Perguruan Pencak Silat Muhammadiyah

Hizbul Wathan

Hizbul Wathan, didirikan pada tahun 1918 oleh KH Ahmad Dahlan, adalah gerakan kepanduan dalam Muhammadiyah yang bertujuan membentuk anggota dengan akidah, ilmu, dan akhlak karimah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com