Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Toto TIS Suparto
Editor Buku Lepas, Ghostwritter

Editor Buku

Baut

Kompas.com - 13/02/2024, 17:24 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

INSIDEN pesawat Boeing 737 Max 9 milik Alaska Airlines belum lama ini mengejutkan dunia penerbangan. Daun jendela lepas sehingga menimbulkan ledakan.

Ternyata laporan terbaru menyebut bahwa baut penahannya hilang. Mengutip BBC, Sabtu (10/2/2024), Dewan Keselamatan Transportasi Nasional AS telah merilis temuan awal dari penyelidikannya atas insiden yang terjadi pada Januari lalu.

Temuan itu menyebutkan antara lain bahwa empat baut kunci yang dimaksudkan untuk mengunci pintu pesawat yang tidak digunakan tampaknya hilang.

Menanggapi laporan tersebut, Boeing mengatakan bahwa mereka bertanggung jawab atas apa yang terjadi.

Baut yang hilang tampaknya membuat panel pintu keluar dari posisinya dan terlepas dari pesawat, kata laporan itu. Hal itu terjadi hanya beberapa saat setelah pesawat lepas landas dari Bandara Internasional Portland.

Biasanya, baut digunakan untuk menggabungkan beberapa komponen dan menjadi satu bagian yang memiliki sifat tidak permanen.

Melansir dari Fastener Engineering, baut adalah suatu batang atau tabung yang membentuk alur heliks atau tangga spiral di bagian permukaan.

Dibandingkan bagian lain di pesawat, misalkan, baut hanyalah benda kecil. Namun sekecil apapun, perannya tetaplah penting.

Cuma yang disayangkan, lantaran kecil itu acap diremehkan, kurang diperhatikan. Baut kendor diabaikan. Baut hilang tak terkontrol. Akibatnya, terjadilah tragedi Alaska Airlines tersebut.

Pelajaran berharga dari tragedi itu adalah jangan remehkan hal-hal kecil. Kata filsuf Lao Tzu, "Perjalanan ribuan mil berawal dari sebuah langkah kecil."

Namun banyak yang meremehkan langkah kecil tersebut. Lebih fokus kepada perjalanan ribuan mil. Lebih sering membayangkan apa yang bakal terjadi jika bisa menempuh ribuan mil, tetapi langkah kecil tak usah dipikirkan karena terjadi sendirinya.

Atau lihat kebiasaan sehari-hari. Saat bepergian, membuka dan menutup pintu dengan anak kunci yang kecil, jauh lebih kecil dari luas daun pintu, bahkan "lebih kecil dari satu jemarimu."

Sekali lagi, makna dari contoh baut dan kunci adalah: Jangan pernah meremehkan hal-hal kecil, kadang hal kecil itulah yang mengantarkan kepada sukses besar atau sebaliknya menyebabkan seseorang terjatuh pada derita.

"Inspirasi baut" ini mau dibawa kepada situasi terkini, saat kita memilih pemimpin. Lihatlah hal-hal kecil dari kandidat pemimpin, jangan terpukau pada penampakan besarnya.

Contoh bisa lihat para caleg. Pada hari pertama masa tenang, masih saja dijumpai baliho, poster maupun spanduk. Aturannya harus dibersihkan oleh para caleg tersebut.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com