Zaman Batu: Pembagian, Peninggalan, dan Kehidupan Manusia

Kompas.com - 07/04/2021, 15:28 WIB
Batu Nabe, makam leluhur berusia ratusan tahun yang dipakai oleh tetua adat kampung sebagai tempat bermusyawarah dan tempat sajian di Kampung Adat Bena, Ngada, Flores, Nusa Tenggara Timur, Jumat (12/8/2016). Kampung adat yang berusia sekitar 1.200 tahun ini kental dengan arsitektur kuno dan budaya megalitik. KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNGBatu Nabe, makam leluhur berusia ratusan tahun yang dipakai oleh tetua adat kampung sebagai tempat bermusyawarah dan tempat sajian di Kampung Adat Bena, Ngada, Flores, Nusa Tenggara Timur, Jumat (12/8/2016). Kampung adat yang berusia sekitar 1.200 tahun ini kental dengan arsitektur kuno dan budaya megalitik.

KOMPAS.com - Para ahli arkeologi membagi masa prasejarah ke dalam dua periode, yaitu Zaman Batu dan Zaman Logam.

Pembagian tersebut didasari oleh penemuan benda hasil kebudayaan manusia purba, fosil, dan artefak.

Pada Zaman Batu, manusia hidup dengan peralatan yang terbuat dari batu.

Periode ini berlangsung sangat lama, diperkirakan selama ratusan ribu tahun. Oleh karena itu, para ahli membagi Zaman Batu ke dalam empat periode, sebagai berikut.

Zaman Batu Tua (Paleolitikum)

Zaman Paleolitikum diperkirakan berlangsung pada 600.000 tahun lalu.

Pada periode ini, alat-alat yang digunakan manusia purba terbuat dari batu kasar yang belum dihaluskan, seperti kapak genggam atau chopper yang berfungsi untuk memotong kayu atau membunuh binatang buruan.

Kondisi sosial

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kehidupan masyarakat pada Zaman Batu Tua masih sangat sederhana. Untuk memenuhi kebutuhan hidup, mereka bergantung pada keadaan alam.

Baca juga: Zaman Arkean: Pembagian dan Ciri-ciri

Inti dari kehidupan sehari-hari mereka adalah mengumpulkan bahan makanan dari alam untuk dikonsumsi saat itu, atau disebut food gathering.

Oleh karena itu, tempat tinggal mereka berpindah-pindah atau nomaden, tergantung pada daerah yang masih subur dan banyak menyediakan bahan makanan seperti binatang buruan.

Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X