Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Olimpiade Tokyo 2020, Warga Jepang Suka 5 Olahraga Ini

Kompas.com - 07/02/2020, 10:10 WIB
Josephus Primus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menurut Seigo Saifu, warga Jepang yang bermukim di Jakarta, warga Jepang menyukai 5 cabang olahraga ini.

"Apalagi sekarang kan menjelang Olimpiade Tokyo," tutur Seigo Saifu menjawab pertanyaan Kompas.com pada Kamis (6/2/2020).

Baca juga: Sambut Olimpiade Tokyo 2020, Warga Jepang di Indonesia Antusias

Seigo yang juga President Director PT Panasonic Gobel Indonesia mengatakan, olahraga bela diri Jepang termasuk yang paling favorit.

Presiden Director PT Panasonic Gobel Indonesia Seigo Saifu saat peluncuran produk sistem pemurni air (WPS) pada Kamis (6/2/2020) di Jakarta. Menurut Seigo Saifu, Panasonic adalah sponsor peringkat paling atas Olimpiade Tokyo 2020.Kompas.com/Josephus Primus Presiden Director PT Panasonic Gobel Indonesia Seigo Saifu saat peluncuran produk sistem pemurni air (WPS) pada Kamis (6/2/2020) di Jakarta. Menurut Seigo Saifu, Panasonic adalah sponsor peringkat paling atas Olimpiade Tokyo 2020.

"Iya, karate, okelah," katanya dengan wajah semringah.

Di samping karate, Seigo Saifu juga menyebut judo.

"Judo juga olahraga (bela diri) tradisional Jepang," katanya pada acara perkenalan produk sistem pemurni air (WPS) Panasonic tersebut.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengambil bagian dalam sesi pelatihan dengan anggota tim judo nasional Rusia di Sochi pada Kamis (14/2/2019). (AFP/SPUTNIK/MIKHAIL KLIMENTYEV) Presiden Rusia Vladimir Putin mengambil bagian dalam sesi pelatihan dengan anggota tim judo nasional Rusia di Sochi pada Kamis (14/2/2019). (AFP/SPUTNIK/MIKHAIL KLIMENTYEV)

Berikutnya adalah badminton atau bulutangkis.

Pebulu tangkis Jepang Kento Momota melakukan selebrasi saat menghadapi pebulu tangkis Indonesia Anthony Sinisuka Ginting di partai final Singapore Open 2019 di di Singapore Indoor Stadium, Minggu (14/4/2019).AFP / THEODORE LIM Pebulu tangkis Jepang Kento Momota melakukan selebrasi saat menghadapi pebulu tangkis Indonesia Anthony Sinisuka Ginting di partai final Singapore Open 2019 di di Singapore Indoor Stadium, Minggu (14/4/2019).

"Sama seperti orang Indonesia, kami orang Jepang juga suka bulutangkis," tutur Seigo Saifu.

Baca juga: Kento Momota Dipastikan Akan Tampil di All England 2020

Sementara, yang keempat, Seigo Saifu menyebut olahraga renang.

"Iya, olahraga renang juga, orang Jepang suka," ujar Seigo Saifu sembari menyebutkan bahwa warga Jepang pun menempatkan olahraga lari sebagai salah satu yang favorit.

Elysha Chloe Pribadi dinobatkan sebagai perenang terbaik kelompok umur 2 (14-15 tahun) di ajang 3rd Indonesia Open Aquatic Championship atau IOAC 2019 yang berlangsung di Stadion Akuatik, Gelora Bung Karno Jakarta, 13-17 Desember 2019. DOK. ISTIMEWA Elysha Chloe Pribadi dinobatkan sebagai perenang terbaik kelompok umur 2 (14-15 tahun) di ajang 3rd Indonesia Open Aquatic Championship atau IOAC 2019 yang berlangsung di Stadion Akuatik, Gelora Bung Karno Jakarta, 13-17 Desember 2019.

Catatan terkumpul dari laman yosstory.com menunjukkan, pada Olimpiade Tokyo 2020, ada 33 cabang olahraga dipertandingkan.

Total tersedia 339 medali emas untuk seluruh cabang olahraga tersebut.

Karate memulai debutnya pada Olimpiade Tokyo 2020.

Medali Olimpiade Tokyo yang dibuat dari limbah elektronik. 6 juta di antaranya adalah limbah ponsel lawas yang diperoleh dari NTT DoCoMo.Engaget Medali Olimpiade Tokyo yang dibuat dari limbah elektronik. 6 juta di antaranya adalah limbah ponsel lawas yang diperoleh dari NTT DoCoMo.

Selain karate, olahraga panjat tebing, surfing (berselancar), dan skateboard adalah tiga cabang olahraga yang kali pertama dipertandingkan di Olimpiade kali ini.

Dari lima cabang olahraga yang disebut Seigo Saifu, atletik atau lari paling banyak menyediakan medali emas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com