Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang LPS Monas Half Marathon, 4.500 Peserta Antusias Mendaftar

Kompas.com - 28/06/2023, 12:09 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Sampai Senin (26/6/2023) sekitar 4.500 calon peserta telah mendaftar ajang lari LPS Monas Half Marathon jelang pelaksanaan pada 2 Juli 2023.

Antusiasme masyarakat terhadap acara pariwisata olahraga ini juga tergambar dari pendaftar di acara lari Run The City, 1 Juli 2023. Acara berkonsep fun run dengan jarak tempuh 5 kilometer di Hutan Kota Gelora Bung Karno itu telah memenuhi target 2.000 peserta.

”Pembatasan pendaftaran akan dilakukan besok pada 27 Juni 2023 sehingga seluruh pelari dan panitia akan konsen untuk pelaksanaan event di tanggal 1 dan 2 Juli mendatang,” ungkap Vice General Manager Event Harian Kompas Budhi Sarwiadi, selaku perwakilan penyelenggara acara LPS Monas Half Marathon.

Calon peserta LPS Monas Half Marathon harus mempersiapkan diri menempuh rute point to point.

Sebagian dari rute ini tidak melalui rute car free day atau hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) di Jalan Sudirman-Thamrin. Namun, pelari dipastikan akan aman dan tidak bosan saat melewati sejumlah tempat ikonik sepanjang jalur lintasan.

Selain Monumen Nasional, pelari akan melewati tempat monumental dan bersejarah lainnya, seperti Patung Pemuda, Patung Tani, Stasiun Gambir, Lapangan Banteng, Gereja Katedral, Bundaran HI, dan Taman Ismail Marzuki.

Kenyamanan peserta akan dijamin dengan menyiapkan fasilitas transportasi, seperti shuttle bus dan sterilisasi jalan di rute tersebut. Fasilitas shuttle bus diberikan untuk mengantar 500 peserta berangkat dari kawasan Gelora Bung Karno (GBK) ke titik awal di Monas pada pagi hari dan kembali dari titik akhir.

Fasilitas ini bertujuan memudahkan peserta dan menghindari penggunaan kendaraan pribadi. ”Untuk pendaftaran shuttle antusiasnya tinggi. Slot untuk shuttle ini sudah hampir habis,” kata Budhi.

Baca juga: Raih Prestasi Terbaik, Panduan Ikut LPS Monas Half Marathon 2023

Persiapan sterilisasi ini pun sudah dikoordinasikan dengan pemangku kebijakan terkait. Rekayasa akan dilakukan dengan pemisahan jalur khusus pelari di masing-masing ruas jalan sehingga baik pelari maupun pengguna jalan dan masyarakat sama-sama nyaman.

”Untuk koordinasi, sudah dilakukan secara intens dengan dinas perhubungan, Satpol PP, dan kepolisian serta Komite HBKB. Mudah-mudahan semua bisa berjalan sesuai rencana,” ucapnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com