Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LPS Monas Half Marathon Hadirkan Rute yang Memanjakan dan Menantang

Kompas.com - 19/05/2023, 17:31 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Lomba lari LPS Monas Half Marathon pada 2 Juli 2023 menawarkan rute memanjakan sekaligus menantang bagi pelari. Sambil berlari melalui lintasan yang penuh ikon Jakarta, para peserta ditantang menempuh 21,095 kilometer dengan batas waktu 3 jam 30 menit.

Hal itu disampaikan Direktur Lomba LPS Monas Half Marathon Andreas Kansil dalam diskusi bertajuk ”Menikmati Jakarta Melalui Event Olahraga” di Menara Kompas, Jakarta, Selasa (16/5/2023).

Dia memastikan rute lomba lari yang digelar Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) bersama harian Kompas ini menawarkan pengalaman berbeda yang akan memanjakan para pelari.

”Pengalamannya juga akan berbeda, terutama karena melewati tempat-tempat ikonik dan bersejarah, seperti Patung Pemuda, Tugu Tani, Stasiun Gambir, Lapangan Banteng, Gereja Katedral, dan Bundaran HI,” kata Andreas Kansil.

Para peserta LPS Monas Half Marathon akan menempuh rute dengan titik start dan finis yang berbeda (point to point). Lintasan lari terbentang dari Monumen Nasional dan berakhir di Istora Gelora Bung Karno, Senayan.

Para pelari juga akan melewati rute hari bebas kendaraan bermotor Jalan Sudirman-Thamrin.

Kepala Seksi Pengawasan Pengendalian dan Pemanduan Dinas Perhubungan DKI Jakarta Kelik Setiawan, yang juga hadir dalam diskusi, mengatakan, pengaturan cut off point dan cut off time yang ketat diterapkan agar memastikan jalanan Jakarta bisa segera dikembalikan ke fungsinya.

Itu tak lepas dari manajemen lalu lintas yang akan diterapkan dinas perhubungan guna menyeimbangkan mobilitas warga dan pelaksanaan perlombaan.

Vice General Manager Event Harian Kompas Budhi Sarwiadi memastikan komunikasi dengan berbagai pihak, termasuk instansi terkait, telah dilakukan dengan baik, termasuk pemilihan rute, rekayasa lalu lintas, dan dukungan pengamanan.

Baca juga: Pelari Berbagai Kota Antusias Sambut LPS Monas Half Marathon 2023

”Panitia juga akan menginformasikan titik-titik atraksi dan hiburan di sekitar perlombaan yang bisa didatangi oleh masyarakat. Dengan demikian, lomba ini juga bisa dinikmati warga,” ucap Budhi.

Budhi menambahkan, selain lintasan lari yang memberikan pengalaman berbeda, persiapan matang dan komitmen panitia serta instansi untuk mendukung acara akan menambah daya tarik LPS Monas Half Marathon.

Dia pun mengajak masyarakat untuk segera mendaftarkan diri pada perlombaan lari dengan total hadiah Rp 992 juta ini di https://monashalfmarathon.com/

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com