Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"LPS Monas Half Marathon 2023" Siapkan Hadiah Total Rp 992 Juta

Kompas.com - 17/05/2023, 11:27 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - "LPS Monas Half Marathon 2023" siap digelar pada 2 Juli 2023 mengangkat tema "Restart for Change". Event ini digelar Harian Kompas bekerja sama dengan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dan Pemprov DKI Jakarta.

Event LPS Monas Half Marathon 2023 menyuguhkan pengalaman berbeda dengan rute sepanjang 21 kilometer dimulai dari Monas, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat dan finis di Istora Senayan, Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat.

"Dari awal kita merancang LPS Monas itu Jakarta punya kejayaan. Kejayaan itu esensinya harus kita gali," ungkap Vice GM Event Harian Kompas, Budhi Sarwiadi dalam rangkaian acara pembuka "Road to LPS Monas Half Marathon", di Menara Kompas, Jakarta, Selasa (16/5/2023).

Budhi menyampaikan sejak awal pihaknya merancang event maraton ini untuk menunjukkan kejayaan Kota Jakarta sehingga rute dilewati dipilih dengan mempertimbangkan agar para pelari dapat berolahraga sekaligus melihat kejayaan-kejayaan Ibu Kota.

Ia juga berharap kegiatan lari ini dapat memberikan kontribusi dalam mengurangi pencemaran, polusi udara, sekaligus mengedukasi masyarakat lantaran salah satu rute yang dilewati adalah kawasan Car Free Day atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB).

Hadiah Total Rp 992 Juta

Panitia "LPS Monas Half Marathon 2023" menyediakan kuota bagi 5.000 peserta rentang usia 18-55 tahun, terdiri dari pelari pemula, pelari profesional dan penggemar olahraga lari dengan rincian 4.200 peserta partisipasi, dan 800 untuk VIP dan partnership.

Pendaftaran untuk event LPS Monas Half Marathon 2023 ini sebesar Rp 750.000 dan pesertanya berkesempatan mendapat hadiah dengan total Rp 992 juta.

Lebih jauh Budhi menjelaskan, event LPS Monas Hal Marathon 2023 hanya menawarkan satu kategori dengan pertimbangan agar masyarakat yang berkegiatan pada waktu tersebut tak terganggu.

Baca juga: LPS Monas Half Marathon Diharapkan Jadi Ajang Lari yang Dilirik Dunia 

"Mengingat jika banyak kategori, maka waktu yang diperlukan dalam penyelenggaraannya juga dipastikan lebih panjang," jelasnya.

Dalam kesempatan sama, Direktur Lomba "LPS Monas Half Marathon" Andreas Kansil dalam menyampaikan, rute lomba lari yang digelar Harian Kompas dan LPS  ini menawarkan pengalaman berbeda.

“Pertama, berlari di Jakarta itu jelas akan memberikan perspektif yang berbeda dari berkendara. Kedua, pengalamannya juga akan berbeda, terutama karena melewati tempat-tempat ikonik dan bersejarah," ungkap Andreas.

"Terakhir, perspektif dan pengalaman yang berbeda itu menjadi lebih menarik karena para pelari juga ditantang untuk melaluinya dengan cut off time yang lebih cepat,” tambahnya.

Kepala Bidang Perlindungan Masyarakat Satpol PP DKI Jakarta Herry Purnama memastikan, pihaknya akan membantu mejaga aspek keamanan dan kenyamanan bagi peserta marathon. Herry menuturkan, Satpol PP sudah terbiasa membantu penyelenggaraan acara-acara olahraga, terutama yang beririsan dengan CFD.

Herry melanjutkan, dalam LPS Monas Half Marathon, pihaknya akan menyiapkan 500-600 personel. "Itu dilakukan guna menghadirkan pengalaman berlari yang nyaman dan aman bagi peserta," pungkasnya.

Informasi lengkap "LPS Monas Half Marathon" dapat diakses melalui: https://monashalfmarathon.com/

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com