Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelari Berbagai Kota Antusias Sambut LPS Monas Half Marathon 2023

Kompas.com - 18/05/2023, 18:55 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Komunitas pelari di berbagai kota nampak antusias menyambut lomba lari LPS Monas Half Marathon yang akan digelar pada 2 Juli 2023 di Jakarta.

Antusiasme itu terpantau dari acara Run The Ground sebagai ajang permulaan LPS Monas Half Marathon yang digelar di Purwokerto, Magelang, Solo, Semarang, Yogyakarta, dan Jakarta, Minggu (14/5/2023).

Di Jakarta, Minggu pagi, sebanyak 150 orang berlari sejauh 12 kilometer sepanjang rute hari bebas kendaraan bermotor (car free day) Sudirman-Thamrin, Jakarta.

Alih-alih mencari peserta tercepat, ajang itu lebih menyerupai festival lari santai 12 kilometer. Selain menyambut LPS Monas Half Marathon, ajang ini juga ingin memperlihatkan Jakarta yang nyaman dan dapat dinikmati untuk kegiatan olahraga, termasuk lari.

Di Purwokerto, Jawa Tengah, ratusan pelari dari berbagai komunitas berpartisipasi dalam Run The Ground Banyumas Raya.

”LPS Monas Half Marathon ini jalurnya antik, dari Monas ke Gelora Bung Karno. Saya tertarik mencobanya,” kata Edy Liem (55), salah seorang peserta yang menjadi penerima slot gratis.

Agatha Veni (37), peserta di Purwokerto lainnya, juga menerima slot gratis. Dia suka berlari demi kesehatan. ”Saya lari seminggu lima kali. Rute di Jakarta nanti sepertinya seru,” ujarnya. Waktu terbaik setengah maratonnya adalah 2 jam 25 menit.

Koordinator Run The Ground Semarang Ardhi Darmawan Wijaya menyampaikan, kegiatan di Semarang diikuti 130 pelari dari 9 komunitas.

Baca juga: Jadwal dan Rute Lomba Lari Jakarta LPS Monas Half Marathon, Lari 21 Km

”Teman-teman antusias dan bersemangat karena jarang ada lari bareng berbagai komunitas yang dijadikan satu, apalagi ini ada slot gratis LPS Monas Half Marathon. Jadi tambah seru,” tutur Ardhi.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by LPS Monas Half Marathon (@monashalfmarathon)

Nyaman untuk berlari

Vice General Manager Event Harian Kompas Budhi Sarwiadi mengatakan, melalui kegiatan ini, penyelenggara ingin berpesan bahwa Jakarta bisa dinikmati senyaman-nyamannya untuk berolahraga, khususnya olahraga lari.

”Sekaligus mengenalkan LPS Monas Half Marathon dan menghilangkan asumsi Jakarta belum memiliki acara olahraga yang bagus,” ujar Budhi.

LPS Monas Half Marathon adalah ajang lari yang diselenggarakan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) bersama harian Kompas. Para peserta akan mulai berlari dari Monumen Nasional (Monas) dan mengakhirinya di ”Race Village” di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Total hadiah yang disiapkan Rp 992 juta.

Informasi lengkap LPS Monas Half Marathon dappat dilihat melalui tautan: https://monashalfmarathon.com/

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com