Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persiapan Piala Dunia U20 2021, PSSI Datangi Kota Calon Tuan Rumah

Kompas.com - 02/02/2020, 15:50 WIB
Mochamad Sadheli ,
Firzie A. Idris

Tim Redaksi

Sumber PSSI

KOMPAS.com - Sebanyak 10 kota di Indonesia akan diinspeksi oleh induk sepak bola Indonesia, PSSI, sebagai langkah persiapan Piala Dunia U20 2021 mendatang.

Kota-kota yang diproyeksikan menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 2021 tersebut adalah Bandung, Solo, Jakarta, Bogor, Yogyakarta, Surabaya, Bali, Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi dan Palembang.

PSSI juga menggandeng instansi pemerintah dalam agenda inspeksi tersebut, yakni dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR).

Inspeksi tersebut bertujuan untuk memastikan kelayakan lapangan beserta segala infrastruktur penunjang seperti akses jalan, kondisi ruang ganti, hingga kekuatan lampu.

Baca juga: PSSI Tinjau Kesiapan Stadion Si Jalak Harupat untuk Piala Dunia U20

Selain 10 kota tersebut, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan menerangkan ada satu daerah lagi yang berpotensi menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 2021.

"Kami juga memasukkan Pekanbaru sebagai kota yang akan menjadi tujuan inspeksi calon tuan rumah Piala Dunia U-20," kata Mochamad Iriawan dikutip laman resmi PSSI.

PSSI rencananya menggelar inspeksi ke kota-kota calon tuan rumah Piala Dunia U20 2021 itu selama tiga minggu, sejak 30 Januari hingga 20 Februari mendatang.

"(Inspeksi ini) sesuai arahan Presiden Jokowi dalam rapat terbatas persiapan penyelenggaraan Piala Dunia U-20," ungkap dia.

Baca juga: Pesan Menpora untuk PSSI Jelang Piala Dunia U20 2021

"Kita membutuhkan persiapan yang matang agar semua aspek, sampai hal-hal yang detail terpenuhi," jelas pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.

"Ini adalah hajatan besar yang harus kita sukseskan bersama. Untuk itu, dibutuhkan sinergi antara pemerintah pusat dan daerah," tandas dia.

Bandung menjadi kota pertama yang dikunjungi oleh PSSI dalam pematangan tuan rumah gelaran sepak bola kategori usia terakbar di dunia.

PSSI memulai peninjauan dari Stadion Si Jalak Harupat (SJH) di Soreang. Di sana, mereka meninjau lapangan latihan Sarana Olah Raga (SOR) Si Jalak Harupat yang ada di sisi utara stadion.

Baca juga: Di Kongres Biasa PSSI, Menpora Nyatakan Keseriusan Pemerintah

Selanjutnya, mereka bergerak menuju Kota Cimahi untuk meninjau lapangan Batalyon Artileri Medan (Yon Armed) 4/105 GS Kodam Siliwangi.

Kemudian berturut-turut ke Lapangan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Lapangan Sasana Budaya Ganesa (Sabuga) ITB, Stadion Siliwangi Bandung, Stadion Arcamanik Bandung, serta Lapangan Universitas Padjadjaran dan Lapangan IPDN di Jatinangor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com