Pada 2021, PSSI Akan Gunakan VAR

Kompas.com - 19/02/2020, 15:04 WIB
Logo PSSI. DOK. PSSILogo PSSI.
|

KOMPAS.COM - PSSI sedang menyusun urutan waktu untuk persiapan penggunaan teknologi Video Assist Referee ( VAR) pada kompetisi Liga 1 musim 2021. 

PSSI mendapat asistensi langsung dari perwakilan IFAB dan FIFA dalam penyusunan timeline ini.

"Kami berharap persiapan bisa berjalan dengan lancar sehingga teknologi VAR bisa kita implementasikan pada kompetisi Liga 1 musim 2021 mendatang," kata Wakil Ketua Umum PSSI, Cucu Somantri saat membuka "VAR Kick Off Meeting" di Jakarta, Rabu (19/2/2020). 

"Implementasi VAR adalah salah satu upaya PSSI untuk meningkatkan kualitas kompetisi. Muaranya adalah kemajuan sepak bola Indonesia," tuturnya menambahkan.

Baca juga: Final Persija Vs Persebaya Dipindah ke Sidoarjo, The JakMania Diminta Tak Hadir di Stadion

Selain dihadiri jajaran PSSI, VAR kick off meeting juga dihadiri Head of Football Service IFAB Dirk Schlemmer, FIFA Refereeing Departement Michael Bossler, dan FIFA Football Technology Innovation, Bhaveshan Moorghen. VAR kick off Meeting akan berlangsung selama dua hari.

Sebelumnya PSSI juga telah menggelar pertemuan dengan Technical Director IFAB, David Elleray, pada November 2019 lalu.

Selain pengembangan teknologi, Cucu menjelaskan bahwa PSSI berharap dengan dapat terus meningkatkan kuantitas dan kualitas sumber daya wasit di Indonesia.

"Kita akan dorong lebih banyak wasit-wasit kita untuk bisa mendapatkan lisensi AFC dan FIFA," ujar Cucu.

Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria menjelaskan, VAR kick off Meeting kali ini lebih membahas teknis dan pathway implementasi VAR di 2021.

Persiapan akan dimulai dari training SDM, penerapan teknologi, survey stadion, sampai time plan menuju 2021.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X