Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Olimpiade Tokyo 2020, IOC Berkoordinasi dengan WHO

Kompas.com - 31/01/2020, 20:42 WIB
Josephus Primus

Penulis

GENEVA, KOMPAS.com - Komite Olimpiade Internasional (IOC) berkoordinasi dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) berkenaan dengan merebaknya virus corona.

Laman kyodonews.net melaporkan, koordinasi ini memang ada kaitannya dengan penyelenggaraan Olimpiade Tokyo 2020.

Baca juga: Antisipasi Virus Corona, Zohri Fokus Latihan Internal Jelang Olimpiade Tokyo 2020

"Koordinasi menjadi penting karena kami berkepentingan untuk menjadikan pelaksanaan Olimpiade aman," kata pernyataan jurubicara IOC.

Lebih lanjut, pelaksana Olimpiade Tokyo 2020 juga melakukan kerja sama dengan berbagai organisasi yang relevan terkait wabah ini.

Calon penumpang kereta api mengenakan masker di Stasiun Gambir, Jakarta, Jumat (31/1/2020). PT KAI Daop 1 Jakarta membagikan masker gratis pada calon penumpang dalam rangka mengantisipasi penyebaran virus corona.KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO Calon penumpang kereta api mengenakan masker di Stasiun Gambir, Jakarta, Jumat (31/1/2020). PT KAI Daop 1 Jakarta membagikan masker gratis pada calon penumpang dalam rangka mengantisipasi penyebaran virus corona.

"Kami akan berhati-hati melakukan pemantauan berbagai insiden terkait virus corona," kata pernyataan itu lagi.

Seorang petugas medis terlihat memandangi mayat pria yang terbaring di depan toko furnitur di Wuhan, China, pada 30 Januari 2020. Jurnalis AFP yang mengambil gambarnya tidak bisa mengonfirmasi bagaimana meninggalnya. Namun, pengguna jalan meyakini dia meninggal karena terinfeksi virus corona.AFP/HECTOR RETAMAL Seorang petugas medis terlihat memandangi mayat pria yang terbaring di depan toko furnitur di Wuhan, China, pada 30 Januari 2020. Jurnalis AFP yang mengambil gambarnya tidak bisa mengonfirmasi bagaimana meninggalnya. Namun, pengguna jalan meyakini dia meninggal karena terinfeksi virus corona.

Pada Kamis (30/1/2020), penyelenggara Olimpiade Tokyo 2020 menyatakan tidak akan menunda pelaksanaan pesta akbar olahraga multicabang dunia itu.

Pernyataan itu merupakan jawaban atas rumor di media sosial bahwa Olimpiade mauun Paralimpik dibatalkan lantaran corona.

Empat tahun lalu, beberapa atlet top batal berlaga di Olimpiade Rio de Janeiro.

Pemicunya adalah virus zika yang berkembang lantaran gigitan nyamuk pada manusia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com