Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekspansi Bisnis: Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya

Kompas.com - 24/03/2024, 07:00 WIB
Fadila Rosyada Hariri,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

Sumber Penpoin

KOMPAS.com - Ekspansi dalam dunia bisnis adalah konsep yang sangat penting yang mengacu pada upaya untuk memperluas atau memperbesar bisnis.

Ekspansi bisa terjadi dalam berbagai bentuk, dan memiliki manfaat yang signifikan bagi pertumbuhan dan keberhasilan suatu perusahaan.

Pengertian ekspansi bisnis

Ekspansi bisnis merujuk pada langkah-langkah yang diambil oleh sebuah perusahaan untuk memperluas cakupan operasional atau kehadiran mereka.

Menurut Philip Kotler dalam bukunya Principles of Marketing (2010),  ekspansi bisnis mencakup berbagai strategi yang bertujuan untuk memperluas pasar, produk, layanan, atau wilayah geografis dari sebuah perusahaan.

Dilansir dari Penpoin, ekspansi bisnis adalah upaya perusahaan untuk menumbuhkan ukuran bisnisnya. Ini bertujuan untuk meningkatkan skala operasi. Dengan demikian, perusahaan dapat menghasilkan lebih banyak laba. 

Baca juga: Klasifikasi Bisnis Berdasarkan Kegiatannya

Jenis ekspansi bisnis

Secara umum, kita dapat membagi strategi ekspansi bisnis menjadi dua kategori. Ini didasarkan pada bagaimana pertumbuhan dilakukan, apakah dengan mengembangkan sumber daya internal atau dengan menggabungkan sumber daya eksternal. 

Berikut merupakan penjelasannya:

Pertumbuhan internal

Ekspansi bisnis pertumbuhan internal terjadi ketika perusahaan bergantung pada sumber daya dan kemampuan internal untuk meningkatkan ukuran bisnis.

Ekspansi dapat melalui pertumbuhan internal, seperti:

  • Membangun fasilitas produksi baru
  • Targetkan pasar baru
  • Mengembangkan produk baru
  • Mendirikan anak perusahaan

Baca juga: Merger dan Akuisisi: Apa Perbedaannya?

Pertumbuhan eksternal

Ekspansi bisnis pertumbuhan eksternal terjadi ketika perusahaan menggabungkan sumber daya dan kemampuan internal dan eksternal.

Ekspansi dapat melalui pertumbuhan eksternal, seperti:

  • Akuisisi perusahaan lain
  • Merger dengan perusahaan lain
  • Mendirikan usaha patungan
  • Membangun aliansi strategis

Manfaat ekspansi bisnis

Ekspansi bisnis dapat memberi manfaat bagi perusahaan. Berikut merupakan beberapa manfaatnya:

  • Pertumbuhan pendapatan

Dengan memperluas operasi atau menciptakan pangsa pasar baru, perusahaan dapat meningkatkan pendapatan mereka secara signifikan.

Baca juga: Ini Sektor-sektor yang Siap Melakukan Ekspansi Bisnis

  • Diversifikasi risiko

Dengan beroperasi di berbagai pasar atau wilayah, perusahaan dapat mengurangi risiko yang terkait dengan fluktuasi pasar atau kondisi ekonomi yang tidak stabil di satu wilayah tertentu.

  • Peningkatan daya saing

Ekspansi dapat membantu perusahaan untuk tetap bersaing dengan pesaingnya dengan memperluas portofolio produk atau layanan mereka.

  • Akses ke sumber daya baru

Dengan memasuki pasar baru, perusahaan dapat memperoleh akses ke sumber daya baru, seperti tenaga kerja terampil atau bahan baku yang lebih murah.

 

Artikel ini dibuat dengan bantuan artificial intelligence (AI). Dimohon untuk bijak memanfaatkan informasi. Jika Anda menemukan ada kesalahan informasi atau kesalahan konteks, silakan memberi tahu kami ke redaksikcm@kompas.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com