Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Etika Bisnis dalam Wirausaha

Kompas.com - 05/01/2024, 13:00 WIB
Retia Kartika Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Dalam suatu kerja sama di bidang ekonomi, kita perlu memahami istilah "etika bisnis".

Dilansir dari buku Pengantar Etika Bisnis (2023) oleh Gilad James, etika bisnis mengacu pada standar dan prinsip etika yang menginformasikan dan mengatur perilaku dan praktik individu dan organisasi di dunia bisnis.

Secara sederhana, etika bisnis mendefinisikan perilaku dan perilaku yang dapat diterima yang diharapkan dari individu dan organisasi yang terlibat dalam transaksi bisnis atau kegiatan.

Ini melibatkan standar moral perilaku yang harus ditegakkan perusahaan dalam berurusan dengan pemangku kepentingan mereka, termasuk karyawan, pelanggan, pemegang saham, pemasok, dan komunitas tempat mereka beroperasi.

Baca juga: Pengertian Bisnis Retail dan Sejarah Perkembangannya di Indonesia

Seorang wirausaha pun penting untuk mengetahui dan memahami apa itu etika bisnis, agar usahanya dapat berjalan dalam jangka panjang.

Wirausaha adalah seseorang yang bebas dan memiliki kemampuan untuk hidup mandiri dalam menjalankan usahanya atau bisnisnya atau hidupnya.

Lalu, mengapa etika bisnis penting dalam wirausaha?

Dikutip dari buku Konsep Dasar Etika Bisnis (2022) oleh Sri Umiatun Andayani, pentingnya etika bisnis dalam kelangsungan perusahaan atau wirausaha adalah:

  • Tugas utama etika bisnis dipusatkan pada upaya mencari cara untuk menyelaraskan kepentingan strategis suatu bisnis dengan tuntunan moralitas
  • Etika bisnis bertugas melakukan perubahan kesadaran masyarakat tentang bisnis dengan memberikan suatu pemahaman yaitu bisnis tidak dapat dipisahkan dari etika

Selain itu, etika bisnis sangat penting dalam memastikan bahwa perusahaan mempertahankan tanggung jawab sosial mereka dan mematuhi prinsip-prinsip etika dalam melaksanakan kegiatan mereka.

Baca juga: 5 Kiat agar Sebuah Bisnis Dapat Bertahan

Etika bisnis juga memainkan peran penting dalam perilaku organisasi, memberikan landasan bagi proses pengambilan keputusan perusahaan dan karyawan mereka.

Sangat penting bagi organisasi untuk mempertahankan standar etika, karena menyediakan kerangka kerja untuk reputasi mereka, yang mendasar dalam lingkungan bisnis modern.

Sementara, jika suatu organisasi tertangkap dalam perilaku tidak etis, maka menyebabkan kerusakan signifikan pada reputasi dan kerugian finansial perusahaan tersebut.

Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk menegakkan standar etika.

Itulah penjelasan mengenai pentingnya etika bisnis dalam wirausaha.

Baca juga: Pihak-pihak Pemakai Informasi Akuntansi di Dunia Bisnis

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com