Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Bisnis Retail dan Sejarah Perkembangannya di Indonesia

Kompas.com - 10/10/2023, 01:30 WIB
Rahma Atillah,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat ini masyarakat tengah dimanjakan oleh kehadiran berbagai pusat perbelanjaan baik di kota besar hingga di kota-kota kecil.

Salah satu jenisnya yang dapat kita temui dalam kehidupan sehari-hari adalah maraknya bisnis retail yang kian merebak di seluruh penjuru daerah.

Nah, untuk memahami mengenai bisnis ritel, berikut penjelasan mengenai bisnis retail, jenis dan sejarah perkembangannya di Indonesia.

Baca juga: Klasifikasi Bisnis Berdasarkan Kegiatannya

Pengertian bisnis retail

Retail adalah suatu kegiatan yang terdiri dari aktivitas-aktivitas bisnis yang terlibat dalam menjual barang dan jasa kepada konsumen untuk kepentingan sendiri, keluarga ataupun rumah tangga.

Maka dapat ditafsirkan bahwa bisnis retail adalah suatu usaha yang dijalankan oleh sekelompok orang atau seseorang secara individu, menjual berbagai kebutuhan harian masyarakat dan dijalankan secara modern atau tradisional.

Lingkungan bisnis retail terdiri dari produsen berserta saluran distribusinya, konsumen, pemerintah, dan budaya, di mana empat faktor tersebut memiliki relasi yang erat dengan bisnis retail.

Retail dalam saluran distribusi mempunyai peranan penting sebagai perantara antara pengusaha manufaktur, pedagang besar, serta pemasok lain ke konsumen akhir.

Pemilik bisnis retail menjual berbagai macam produk dari beragam pemasok dan selanjutnya menawarkan serta menjualnya kepada  konsumen.

Baca juga: Pengertian Ritel, Fungsi, Jenis, dan Contohnya

Jenis bisnis retail 

Secara garis besar, penggolongan bisnis retail di Indonesia dapat dikategorikan berdasarkan sifatnya yaitu, retail tradisional dan retail modern. Dengan penjelasan berikut: 

Retail tradisional 

Retail tradisional adalah sejumlah pengecer atau pedagang eceran yang berada di lokasi pinggiran kota, misalnya toko-toko kelontong, pengecer atau pedagang eceran yang berada di pinggir jalan, pedagang eceran yang berada di pasar tradisional, dan lain sebagainya.

Secara umum, kelompok bisnis retail ini memiliki modal yang sedikit dengan fasilitas yang sederhana.

Retail modern

Retail modern merupakan pengembangan dari retail tradisional yang pada praktiknya mengaplikasikan konsep yang modern, dengan pemanfaatan teknologi, dan mengakomodasi perkembangan gaya hidup masyarakat (konsumen).

Konsep yang ditawarkan retail modern antara lain supermarket (swalayan), hypermarket, minimarket, departement store, dan lain sebagainya.

Baca juga: Apa Bedanya Pasar Tradisional dengan Pasar Modern?

Sejarah perkembangan bisnis retail di Indonesia 

Bisnis retail di Indonesia saat ini semakin berkembang dengan semakin banyaknya pembangunan gerai-gerai baru di berbagai daerah.

Sebelum berkembang pesat seperti saat ini, tentu bisnis retail berawal dari suatu bisnis kecil yang kemudian sedikit demi sedikit menjadi sebuah bisnis yang besar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com