Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manajemen Bisnis: Pengertian, dan Fungsi

Kompas.com - 18/05/2022, 17:00 WIB
Serafica Gischa

Penulis

KOMPAS.com - Dalam menjalankan sebuah bisnis, tentu diperlukan manajemen yang baik. Manajemen merupakan proses perencanaan, organisasi hingga mengendalikan kegiatan di dalam sebuah bisnis. 

Dalam sebuah bisnis, manajemen dikenal adanya manajemen bisnis. Apa yang dimaksud dengan manajemen bisnis?

Dilansir dari situs resmi Direktorat Jenderal Pajak, manajemen bisnis adalah serangkaian proses dalam kegiatan usaha yang meliputi perencanaan, pengerjaan, hingga pengawasan. 

Bertujuan untuk memaksimalkan hasil atau target yang akan dicapai. Tanpa manajemen bisnis yang baik, keuntungan sebuah usaha tidak akan dapat dicapai. 

Hubungan manajamenen bisnis dengan organisasi pada pasar sekarang di mana adanya pengaruh globalisasi. Konsumen membutuhkan sebuah produk dengan kualitas dan layanan yang tinggi. 

Baca juga: Manajemen Keuangan: Definisi, Prinsip, Perkembangan, Fungsi, dan Tujuan

Adanya manajemen bisnis menjadi fungsi yang penting untuk menghadapi setiap pergerakan pasar yang terus meningkat. Perubahan pasar yang disesuaikan dengan kondisi konsumen harus dibarengi dengan manajemen bisnis yang baik. 

Struktur organisasi perusahaan juga harus bisa mengikuti perubahan atau pertumbuhan organisasi.Perubahan organisasi merupakan proses yang biasa terjadi dalam organisasi untuk menyesuaikan diri dengan kondisi pasar sekarang. Sehingga tujuan bisnis dapat terus tercapa. 

Fungsi manajemen bisni 

Dikutip dari buku Manajemen Bisnis: Three Pillars of Business Approach (2021) oleh Erna Setijani dan kawan-kawan, berikut fungsi-fungsi manajemen bisnis

  • Perencanaan 

Untuk membangun bisnis, dibutuhkan perencanaan yang matang. Sehingga bisnis tersebut dapat memberikan keuntungan. 

Di mulai dari perencanaan pemasaran, jenis produk yang akan dijual, segmentasi pasar, hingga promosi yang akan dilakukan. Pastikan untuk melakukan kalkulasi yang tepat untuk bisnis yang lebih baik. 

  • Pengelompokan 

Pengelompokan dibuat untuk menciptakan sinergi dalam pekerjaan. Pembagian kerja dilakukan berdasarkan fungsi masing-masing bagian, seperti administrasi, logistik, pemasaran, dan lain-lain. 

Baca juga: Ekonomi Manajemen: Definisi dan Prinsipnya

  • Sumber daya 

Sumber daya menentukan hasil dari bisnis yang dijalankan. Sumber daya harus diatur, mulai dari bahan baku, mesin produksi, hingga barang jadinya. 

Jangan sampai konsumen atau pelanggan merasa kecewa karena salah memilih bahan baku yang tepat. 

  • Pengaturan 

Manajemen bisnis memerlukan kepemimpinan yang penuh tanggung jawab dan mampu bekerja sama dengan para karyawan. 

Pimpinan sebaiknya turun langsung untuk melihat jalannya proses produksi dan kerja timnya. Berikan semangat dan pemahaman jika ada pekerjaan yang tidak sesuai dengan rencana. 

  • Pengawasan 

Pengawasan bertujuan agar perusahaan dapat mengevaluasi kinerja dan sumber daya perusahaan. Sehingga kesalahan yang sudah terjadi tidak akan terulang kembali. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com