Kompas.com - 18/05/2022, 09:00 WIB

KOMPAS.com - Kegiatan operasional dilakukan perusahaan dengan memproduksi, menjual, atau memasarkan produk kepada konsumen.

Contoh perusahaan yang melakukan kegiatan operasional, antara lain perusahaan manufaktur dan perusahaan jasa.

Keduanya memiliki kegiatan operasional yang sedikit berbeda, mulai dari penggunaan bahan baku hingga produk yang dihasilkan.

Apa sajakah perbedaan kegiatan operasional perusahaan manufaktur dan perusahaan jasa?

Pengertian perusahaan manufaktur dan jasa

Dikutip dari buku Pengungkapan Kinerja Ekonomi, Sosial, Lingkungan pada Financial Performance Perusahaan Manufaktur (2022) oleh Justira Dura, perusahaan manufaktur adalah perusahaan yang kegiatan utamanya, berupa membeli dan mengolah bahan baku menjadi barang jadi yang siap dijual.

Salah satu bagian dari perusahaan manufaktur ialah pabrik. Tempat ini digunakan perusahaan untuk mengolah bahan baku menjadi produk tertentu.

Baca juga: Bedanya Perusahaan Perorangan, Persekutuan, dan Perseroan

Sementara itu, menurut Diana Frederica dan Sajuli Andreas dalam buku Accurate V5 pada Perusahaan Dagang dan Jasa (2017), perusahaan jasa adalah perusahaan yang menjual jasa atau barang tidak berwujud kepada konsumen.

Adapun barang yang dijual dalam perusahaan jasa tidak memiliki harga pokok, tidak bisa diretur kembali, tidak berwujud, serta tidak ada jumlah stoknya.

Perbedaan kegiatan operasional perusahaan manufaktur dan jasa

Seperti yang telah disebutkan di atas, perusahaan manufaktur dan jasa memiliki sejumlah perbedaan yang terletak pada kegiatan operasionalnya.

Jelaskan perbedaan kegiatan operasional perusahaan manufaktur dan perusahaan jasa! 

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.